OkeBiz

General Manager Hotel di Sumut Berkumpul, Siap Hadapi Era Globalisasi

OkeMedan-Medan
Para general manager hotel-hotel berbintang di Sumatera Utara berkumpul di Pancur Gading Hotel & Resort Deli Tua Medan selama sehari, Selasa (27/11). Mereka, sepakat untuk siap menyambut era globalisasi dalam industri pariwisata khususnya p’erhotelan.

Dalam kesempatan itu , Ketua DPD Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Sumatera Utara Riswan Surbakti mengingatkan para General Manager hotel agar meningkatkan kemampuan dan memiliki mental yang kuat. Hal ini erat kaitan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Hal itu disampaikannya dalam sambutan saat melantik enam DPC IHGMA Sumut .
Ketua panitia Achmad Zulham menyebutkan ke enam DPC yang dilantik yakni Deliserdang, Tebingtinggi, Siantar, Simalungun, Karo dan Labuhanbatu.

“Kami serius membenahi bidang SDM karena sekarang dituntut mempunyai kompetensi sertifikasi menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Menariknya, hampir semua negara Asean telah menekankan para GM hotel harus bersertifikasi. Alhamdulillah, di Sumut sudah banyak GM yang bersertifikasi kompetensi,” urai Riswan Surbakti.

Acara pelantikan dan rakerda ke dua ini dihadiri Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sumut diwakili Kepala Seksi Pengembangan Objek Wisata, A Husin Ritonga. Dalam sambutannya , ia mengharapkan pelantikan enam DPC IHGMA dirangkai Rapat Kerja Daerah (Rakerda) II ini mampu meningkatkan pelayanan serta sumber daya manusia (SDM) kepariwisataan terutama bidang perhotelan di Sumatera Utara (Sumut), khususnya Kota Medan.

“Dengan demikian, bisa menambah daya dorong para general manager (GM) masing-masing hotel untuk menyambut satu juta wisatawan pada 2019 yang telah ditargetkan Kementerian Pariwisata (Kemenpar),” ujar A Husin Ritonga.

Dikatakan, melalui pelantikan dan rakerda bertema “Empowering Tourism Leader Revolution to Face the Tourism Global Changing” ini, target satu juta wisatawan tersebut semoga bisa direalisasikan. Pasalnya, infrastruktur seperti jalan tol, hotel, bandar udara (bandara) dan lainnya juga sudah mendukung.

Karena itu, Ritonga mengajak agar pemerintah daerah, IHGMA, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan elemen lainnya dapat saling mendukung untuk sama-sama membangun Sumut. “Para GM menjadi garda terdepan untuk menggaet dan meningkatkan masa tinggal wisatawan di provinsi ini, khususnya di beberapa destinasi unggulan an seperti Karo, Langkat, Danau Toba, Dairi, Nias, Medan dan lainnya,” pesan Ritonga.

Dia juga menegaskan, tantangan industri pariwisata ke depan semakin keras karena sudah memasuki dunia digital. Mau tak mau, bilangnya, kita juga harus berhubungan dengan digital. Ini juga dinilai salah satu upaya meningkatkan kunjungan wisatawan. “Saat pembayaran misalnya, para wisatawan yang tidak membawa uang tunai bisa terbantu dengan teknologi digital,” tutupnya.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumut Denny S Wardhana dalam sambutannya menyambut baik rakerda dan pelantikan ini. Ia mengharapkan seluruh asosiasi di kalangan perhotelan dan restoran memberikan peran serta yang lebih maksimal kepada PHRI pada tahun mendatang. Karena akan memudahkan jika ada tawaran kerjasama dari pihak lain sehingga PHRI menjadi wadah mediasi mempertemukan peluang peluang yang ada.

Untuk itu pekan depan Denny mengundang pekan depan semua asosiasi termasuk IHGMA duduk bersama mematangkan konsep dan rencana membangun sinergi tersebut, baik dengan PHRI Sumut maupun dengan pihak ketiga.

OM-DN

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button