OkeBiz

Binjai Supermall Dijual

Binjai-  Binjai Supermall, mall terbesar dan kebanggaan warga Binjai berpindah kepemilikan. Mall yang tergabung dalam Lippo Malls Indonesia Retail Trust (LMIR Trust) itu dibeli oleh PT Nirvana Wastu Pratama (NWP Retail). Pengelola LMIR Trust,  LiLMIRT Management Ltd, memutuskan untuk melepas mall tersebut. Selain Binjai Supermall, aset lain yang dilepas yakni Pejaten Village.

Informasi divestasi Binjai Supermall dilansir oleh CNBC Indonesia, Minggu (5/1). Transaksi itu tertuang dalam perjanjian jual beli bersyarat (conditional sales and purchase agreement/CSPA) yakni mencapai US$ 92 juta atau Rp 1,30 triliun (asumsi kurs Rp 14.200/US$). Press release tentang  ini juga telah dikeluarkan LMIR Trust pada 30 Desember 2019.

NWP Retail  adalah perusahaan  patungan antara Warburg Pincus dan PT City Retail Developments Tbk (NIRO) yang memiliki beberapa mall di Indonesia.

Penjualan aset mal dilakukan melalui REITs (real estate investment trust) atau DIRE (dana investasi real estate).

NWP Retail mengklaim menjadi salah satu pengembang pusat perbelanjaan terbesar dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia, dengan Warburg Pincus sebagai co-founder dan salah satu pemegang saham terbesar.

Didirikan bersama pada 2015 Warburg Pincus dan City Retail Developments, NWP Retail fokus pada pengembangan pusat perbelanjaan multi-tenant di kota-kota penting di Indonesia.

Sejak didirikan, NWP Retail memiliki portofolio sebesar 33 proyek yang mencakup lebih dari 800.000 meter persegi gross floor area (GFA).

Binjai Supermall berada di Jalan Soekarno hatta 14 Binjai dan memiliki luas 36.000 meter persegi.  Mal ini memiliki tingkat hunian lebih dari 90%. Dilihat dari laman LMIR Trust, supermall ini selesai dibangun pada tahun 2007. Beberapa tenan besar yang ada di dalamnya adalah Matahari, Hypermart,EMI Games, dan COCO Land. HGBnya berakhir 16 tahun lagi atau tepatnya pada 2 September 2036. *

 

Berikan Komentar
Tags
Back to top button
Close