OkeBiz

Bantuan Rp1 Triliun untuk Koperasi Dapat Bangkitkan Ekonomi Daerah

Medan | okemedan. Sebanyak 15 koperasi di Sumut akan memeroleh bantuan anggaran pemulihan Ekonomi Nasional. Bahkan pemerintah pusat menyiapkan Rp 1 triliun untuk Koperasi dan UMKM.

Dengan bantuan itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut berharap penyaluran dana tersebut dapat meningkatkan perekonomian daerah di tengah pandemi Covid-19.

Rencana penyaluran dana Rp1 triliun tersebut diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Penyerahan Program Pemulihan Ekonomi Nasional untuk Koperasi di Istana Negara Jakarta, Kamis (23/7/2020), yang diikuti secara virtual oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah dari Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan.

Gubernur Edy Rahmayadi menerima Penyerahan Program Pemulihan Ekonomi Nasional dari Presiden bersama 15 gubernur lainnya.

Presiden meminta agar dana bergulir Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) yang disiapkan Rp1 triliun tersebut segera dikucurkan kepada koperasi.

“Ini segera berikan kepada koperasi-koperasi yang baik agar dari koperasi juga diberikan kepada anggota secepat-cepatnya,” kata Presiden Jokowi.

Ada 15 Koperasi di Sumut menerima program pemulihan ekonomi.

Pemprov Sumut menyambut baik adanya kucuran dana dari Pemerintah Pusat tersebut, apalagi untuk Sumut ada 15 koperasi yang menerima program pemulihan ekonomi untuk koperasi tersebut.

Hal ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Sumut.

“Kita harapkan program Pemerintah Pusat ini dapat menggerakkan roda perekonomian nasional, termasuk Sumut,” kata Gubernur Edy Rahmayadi didampingi Wakil Gubernur Musa Rajekshah.

Sejalan dengan itu, Pemprov Sumut saat ini sedang menyiapkan stimulus ekonomi untuk membantu koperasi dan UMKM di Sumut.

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut Ridho Haykal Amal menyampaikan Pemprov sedang membahas beberapa rencana program, salah satunya program alih usaha untuk UMKM.

Berdasarkan data, ada 51.832 UMKM di Sumut yang terdampak Covid-19. Oleh sebab itu, diperlukan kebijakan atau program untuk membantu UMKM terdampak tersebut, sehingga roda perekonomian di Sumut bisa terus tumbuh meningkat.

 OM-zan

Berikan Komentar
Tags

Baca Juga

Back to top button
Close