OkeBiz

Akhir Pekan, IHSG Ditutup Melemah

OkeMedan – Medan
IHSG hari ini ditutup melemah terbatas 18 poin atau turun 0,3% di level 5.995 Level IHSG hari ini berada di antara level 6.030-5.991.

Pelemahan IHSG hari ini ditekan oleh pelemahan saham sektor Infrastruktur yang melemah hingga 2 persen. dan pelemahan saham sektor property hingga 1,7%.

” Disamping itu, pergerakan saham sektor pertambangan hari ini berhasil rebound dengan penguatan 0,9%. Dimana sebelumnya sektor ini menjadi sektor yang melemah terdalam daalam beberapa hari terakhir,” kata Analis keuangan, Gunawan Benjamin, Jumat (30/11/2018)

Sementara itu pergerakan mata uang Rupiah terhadap Dolar AS hari ini masih mondar mandir di dua zona yakni dikisaran level Rp14.454-Rp14.540, penguatan Rupiah masih tertahan oleh situasi ekonomi Global saat ini.

“Menjelang pertemuan pimpinan negara pada KTT G-20 di Buenos Aires, Argentina 30 November-1 Desember 2018 ini. pelaku pasar keuangan tampak lebih berhati-hati dan menunggu hasil kongres ini,” katanya.

Beberapa hal yang menjadi perhatian dalam pertemuan penting ini ialah terkait kesepahaman bersama menghadapi tantangan Global. Tak hanya itu yang menjadi sorot perhatian investor, pelaku pasar keuangan dan pemerintah saat ini tertuju pada perang dagang AS dengan China yang juga akan bernegosiasi dalam menemukan kesepakatan baru terkait perang dagang yang terjadi diantara keduanya. Selain itu masalah kewaspadaan mata uang kripto dan sejumlah isu lainnya.

“Namun demikian, penguatan dolar AS terhadap sejumlah mata uang termasuk dolar singapura, bath, ringgit dan yuan justru terjadi ditengah pernyataan ketidaksenangan Trump terhadap The Fed yang menaikkan suku bunga beberapa kali tahun ini,” pungkasnya.
#OM VH

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button