OkeMedan

Kemenag Sumut Izinkan Shalat Idul Adha dan Qurban di Lapangan dengan Protokol Kesehatan

Medan | okemedan. Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara tidak melarang masyakarat menggelar Shalat Id di lapangan ataupun masjid pada hari raya Idul Adha 1441 Hijriah atau 31 Juli 2020 mendatang. Namun pelaksanaan shalat Id harus memakai protokol kesehatan.

Kabid Urais Kanwil Kemenag Sumut Drs H Syafi’i MA mengatakan bolehnya pelaksanaan Shalat Id di masjid maupun di lapangan  ini sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 18 Tahun 2020 tentang Penyelanggaraan Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Qurban 1441 Hijriah Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid 19.

“Dalam pelaksanaan Shalat Idul Adha sudah dibolehkan untuk menyelenggarakan di mesjid dan di lapangan dengan syarat harus memenuhi protokol kesehatan. Seperti di mesjid harus terjamin kebersihannya, ada tempat cuci tangan dan sabun, handsanitizer, memakai masker. Kondisinya benar-benar bersih,” ucap Drs H Syafi’i MA kepada wartawan, Jumat (24/7/2020).

Surat edaran itu juga mengatur tentang penyembelihan hewan qurban di saat pandemi. Penyembelihan dilakukan dengan tetap menggunakan protokol kesehatan.

“Dengan artian benar-benar menjaga tentang agar tidak sentuhan-sentuhan di antara orang perorang, pshycal distancing juga harus dilaksanakan, bila perlu memakai sarung tangan,” urai Syafii.

Dia berharap masyarakat tetap selalu mawas diri untuk mencegah penularan wabah ini. “Saya kira ini kepada masyarakat supaya mematuhi hal-hal yang telah ditetapkan kepada kita,” tegas Syafi’i.

OM-wan

 

Berikan Komentar
Tags

Baca Juga

Back to top button
Close