OkeMedan

Inspektorat akan Turun Tangan Terkait Pelabelan Penerima Bantuan Warga Miskin

Medan– Adanya pelabelan penerima bantuan beras yang diharuskan menunjukkan bukti warga miskin dengan menunjukkan tulisan warga miskin berhak menerima bantuan terus menjadi perhatian publik dan media sosial.

Informasi di lapangan, warga penerima bantuan  diharuskan oleh Kepala Lingkungan (Kepling) disinyalir atas kebijakan Lurah.

Seperti halnya yang terjadi di beberapa Kecamatan di Kota Medan, seperti di Medan Polonia, Medan Johor, dan Medan Belawan.

Warga penerima bantuan diharuskan membuat tulisan diatas kertas sebagai bentuk pengakuan warga misikin yang berhak menerima bantuan.

Salah seorang warga Medan Amplas, Indah, sangat menyesalkan kejadian tersebut. Mnurutnya, Apa yang dilakukan oleh oknum pejabat Pemko Medan itu sudah tidak manusiawi.

“Seharusnya kalau mau memberi itu tidak seperti itulah caranya. Harusnya tangan kanan memberi ya tangan kiri jangan terlihat. Artinya tidak perlu ada embel- embel apapun kalau mau memberi. Lagipun itukan sudah tanggung jawab Pemerintah kepada warganya yang membutuhkan,” komen Indah dalam satu grup Whassap, MRK untuk warga sejahtera, Sabtu (11/4/2020).

Begitu juga halnya yang disampaikan warga grup lainnya, Ucok Kocu. Menurutnya, kalau benar hal itu atas inisiatif Lurah dan Kepling, berarti sudah mengangkangi kebijakan Pemko Medan.

Pasalnya ujar Kocu, Pemko Medan sendiri dalam hal ini Plt Walikota Medan, tidak pernah membuat dan memerintahkan kebijakan seperti itu.

“Pak Plt Wali Kota Medan kami minta untuk segera menindak Lurah dan Keplingnya yang telah melakukan kebijakan seperti itu. Karena kalau benar Lurah dan Kepling sudah melakukan hal itu, sama artinya telah mencoreng nama baik Plt Wali Kota Medan sendiri,” tegas Kocu dalam komennya di grup whassap yang sama.

Menyikapi persoalan itu, Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Pemko Medan M Ridho Nasution menyebutkan, pihaknya tidak pernah memerintahkan Camat, Lurah, atau Kepling untuk membuat hal seperti itu.

“Tidak ada perintah seperti itu bang. Inspektorat bang nanti yang segera turun menindaklanjuti,” ucap Ridho.

(zan/ril)

Berikan Komentar

Back to top button