OkeEdukasi

USU Raih Peringkat 3 PTN-BH untuk SAKIP dari Kemenpan-RB

Medan | okemedan. Prestasi terus digulirkan Universitas Sumatera Utara (USU). Kali ini USU meraih peringkat 3 di jajaran Perguruan Tinggi Negeri-Badan Hukum (PTN-BH) untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan memperoleh nilai 95,33 predikat AA dari Kemenpan Reformasi Birokrasi.

Tak tanggung, USU melampaui UNDIP, UGM, ITB, IPB serta sederetam universitas ternama di Indonesia. Sementara peringkat pertama diraih UNAIR dan posisi kedua UPI.

“Alhamdulillah USU berhasil menjadi The Best 3 untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan memperoleh Nilai 95,33 dengan predikat AA. Terima kasih atas kerja sama kita semua,” ungkap Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH M Hum melalui pesan WhatsApp, Rabu (22/7/2020).

Prof Runtung menjelaskan, materi penilaian akuntabilitas kinerja mengacu pada Permen RB No 12 Tahun 2015 meliputi Perencanaan Kinerja (30%), Pengukuran Kinerja (25%), Pelaporan Kinerja (15%), Evaluasi Internal (10%) dan Capaian Kinerja (20%).

Ist 

USU dengan nilai 95,33 dinyatakan sangat memuaskan dalam memimpin perubahan, berkinerja tinggi dan sangat akuntabilitas berkinerja baik, memiliki sistem manajemen kinerja yang andal.

Karenanya sasaran dan indikator keberhasilan reformasi birokrasi di USU akan terwujudnya pemerintahan yang bersih dan bebas Korupsi, Kolusi, Nepotisme (KKN), terwujudnya peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat dan meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi.

Sebelumnya juga USU meraih prestasi peringkat 10 dengan jumlah publikasi 5.053 pemeringkatan berdasarkan jumlah publikasi ilmiah pada Jurnal Internasional Terindex Scopus, peringkat 8 di Indonesia atau peringkat 1.872 di dunia dalam pemeringkatan Webometric, peringkat 160 pada 200 Universitas Top di Asia (Top 200 Universitas di Asia).

OM-zan 

Berikan Komentar
Tags

Baca Juga

Back to top button
Close