OkeEdukasi

UISU-CropLife Latih Manajemen Keuangan Desa dan Pengembangan UMKM

MEDAN | okemedan. Dalam rangka meningkatkan sinergisitas dengan lembaga non pemerintah, Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan CorpLife Indonesia.

Wakil Rektor UISU Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi (KSI), Andang Suhendi SS MA kepada wartawan mengatakan bahwa sinergisitas antara perguruan tinggi dengan lembaga swasta dan pemerintah sangat dibutuhkan.

“Saat ini yang kita membutuhkan adalah kerjasama yang dapat memberikan manfaat bagi masing-masing pihak,” kata Andang.

Sebab itu, pihaknya berterimakasih atas penandatanganan kerjasama antara UISU dengan CropLife yang berlangsung pada saat yang bersamaan dengan pengabdian Prodi Manajemen dan Magister Manajemen UISU di Desa Lubuk Saban Pantai Cermin beberapa waktu lalu.

Kerjasama antara UISU dengan Corplife yang Asosiasi Pertanian yang berkantor di Jakarta itu membuktikan bahwa UISU sebagai lembaga pendidikan mampu berkolaborasi dengan lembaga swasta.

Rektor UISU Dr H Yanhar Jamaluddin MAP dan Direktur Executive CropLife Indonesia Alex Kurniawan sedang menandatangani MoU di Desa Lubuk Saban Pantai Cermin beberapa waktu lalu. ist

“Berdasarkan ruang lingkup yang kita sepakati, kita berharap dapat melakukan kerjasama terkait pertukaran tenaga ahli, penelitian dan pengabdian,”ujar Andang Suhendi.

Pengabdian yang dilakukan Fakultas Ekonomi beberapa waktu lalu juga merupakan salah satu implementasi kesepakatan antara UISU dengan CropLife.

Kedepan, Andang Suhendi SS. MA berharap kesepakatan dengan Asosiasi Pertanian CropLife dapat dimanfaatkan oleh fakultas-fakultas di lingkungan UISU sesuai dengan ruang lingkup nota kesefahaman antara Rektor UISU dengan Executive Direktor CropLife Indonesia.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi, Dr Safrida SE menjelaskan bahwa pelaksanaan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan beberapa waktu lalu di Desa Lubuk Saban Kecamatan Pantai Cermin Sedang Bedagai merupakan tindaklanjut MoU UISU dengan CropLife Indonesia.

“Sebab itu, bersamaan dengan pengabdian kita menandatangani Memorandum of Agreement atau Perjanjian kerjasama antara Fakultas Ekonomi UISU dengan CropLife terkait pelaksanaan Pengabdian,” katanya.

Dekan Fakultas Ekonomi UISU juga menjelaskan bahwa berdasarkan Perjanjian Kerjasama yang ditandatangani bersama Biotechnology and Seed Manager CropLife Indonesia, Alex Suherman bahwa dalam 6 bulan ke depan kegiatan pengabdian yang dilakukan di Desa Lubuk Saban akan dilanjutkan dengan pelatihan tentang manajemen keuangan desa dan membantu mengembangkan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat yang berbasis sumberdaya perikanan yg berlimpah, menjadi makanan olahan, seperti bakso ikan, dan nugget ikan.

Kegiatan pengabdian ini akan dilakukan Fakultas Ekonomi dengan CorpLife dalam rangka tindaklanjut pengabdian yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Sekarang, jelas Safrida, pihaknya tengah menyiapkan proposal untuk pelaksanaan pengabdian selanjutnya.

“Insha Allah pelaksanaan pengabdian ini akan berlanjut terus sebagai bentuk implementasi dari catur dharma UISU yakni Pendidikan dan dakwah Islamiyah,”ucap Dekan Fakultas Ekonomi UISU.

OM-zan

 

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button