OkeEdukasi

Rektor: Lulusan Unimed Diharapkan Perkuat Skill dan Kemahiran Bidang IT

812 Lulusan Diwisuda Secara Daring

Medan | okemedan. Sebanyak 812 lulusan Universitas Negeri Medan (Unimed) terdiri dari ahli madya, sarjana dan pascasarjana diwisuda secara daring, Rabu (12/8/2020).

Proses wisuda perdana yang dilakukan secara daring ini dipimpin langsung Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom SKM MKes di Ruang Biro Rektor Unimed, Jalan Williem Iskandar, Medan.

Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom SKM MKes dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan wisuda daring dilaksanakan karena kondisi dan situasi Pandemi COVID-19 di negara yang
belum memperbolehkan untuk mengadakan kegiatan apapun yang mengumpulkan banyak massa.

“Saya mengajak kepada kita semua, bahwa dibalik kegiatan Wisuda Daring kita ini, ada kepentingan yang lebih besar yakni kesehatan masyarakat untuk terhindar dari Covid -19 yang hingga saat ini belum reda,” ujarnya.

Maka itu, kata rektor, di era pandemi Covid-19 saat ini, para wisudawan dituntut untuk lebih memiliki rasa empati, kepedulian, sense of belonging dan kemahiran dibidang IT.

Sebab, sebutnya, aktivitas pendidikan, pemerintahan dan hampir semua sektor kehidupan sudah berbasis IT, sebagai upaya mengurangi kontak fisik untuk pencegahan penyebaran Covid -19 di negeri Indonesia.

“Dengan berbagai aktivitas akademik yang saudara lalui di Unimed, yang telah membentuk saudara menjadi lulusan unggul yang memiliki kompetensi, skill dan keahlian sesuai bidang ilmu yang saudara geluti. Kami berharap saudara secara personal tetap memperkuat skill yang dibutuhkan di era industri 4.0, agar saudara mampu bersaing di dunia kerja yang semakin kompetitif,” kata Rektor Unimed.

Dr Syamsul juga mengatakan masyarakat menaruh harapan yang cukup besar kepada Universitas Negeri Medan untuk mendidik dan menghasilkan guru, konselor, pamong belajar, dan tenaga kerja yang bermutu dan berkarakter yang memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, maupun kinestetik yang menjadi sikap dan mentalitas para wisudawan.

Pada kesempatan itu rektor berpesan kepada para lulusan agar menjaga nama baik almamater (Unimed),  menunjukkan
diri sebagai insan lulusan Unimed yang memiliki kapasitas hard skill
dan soft skill yang baik.

Tetap jalin komunikasi dan silahturrahmi dengan Unimed sebagai almamater dan
sesama alumni, memberikan konstribusi kepada Unimed berupa masukan, kritik-konstruktif, dan ide kreatif-
solutif dalam rangka meningkatkan kualitas almamater bukan sebaliknya membangun opini yang dapat merendahkan citra Unimed di masyarakat.

Selanjutnya bekerja dengan tulus ikhlas dengan tetap menjaga wibawa dan martabat insan akademis khususnya sebagai keluarga besar Unimed serta berkenan menjadi Duta dalam pencegahan penyebaran Covid -19 di masyarakat.

OM-zan 

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button