OkeEdukasi

Prodi PPs Linguistk FIB USU Gelar Webinar Nasional

Medan I okemedan. PPs Linguistik Fakultas Ilmu Budaya USU, melaksanakan kegiatan Webinar Nasional melalui aplikasi zoom, mengangkat tema Covid-19 : Perubahan Realisasi Linguistik dalam Pengodean Realitas, Senin (24/8/2020).

Webinar yang dilaksanakan bekerja sama dengan beberapa universitas lainnya, seperti PPs Universitas Negeri Medan, Universitas Brawijaya dan Universitas Andalas. Instansi lain yang turut andil dalam kegiatan ini adalah MPW-ADI Sumatera Utara dan APMALI Indonesia.

Webinar menghadirkan beberapa pimbacara yang luar biasa, seperti Prof. Amrin Saragih, M.A., Ph.D. (Universitas Negeri Medan), Prof. Dr Oktavianus, M.Hum. (Universitas Andalas), Dr. Tengku Thyryhaya Zein, M.A. Universitas (Sumatera Utra), Ika Nurhayani, M.Hum., Ph.D. (Universitas Brawijaya), dan Dr Eddy Satria Setia, M.Ed. TESP (Ketua Prodi Linguistik Pascasarjana FIB USU), Dr. M. Oky Fardian Gafari M.Hum (Universitas Negeri Medan) dan Dr. Racmadian Wundana Direktur IDNU dan dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya USU Dr. Budi Agustono, M.S.

Dalam sambutannya, dekan mengucapkan apresiasi yang setingi-tingginya terhadap kegiatan positif yang dilakukan dalam menambah khasanah pengetahuan linguistik di tengah pandemi Covid-19.

Beberapa makalah yang diseminarkan yaitu, Multimodal Discourse Analysis: What’s Old, What’s New? Oleh Dr. Kumaran Rajandran (USM, Malaysia), Linguistics in Tourism oleh Prof. Dr. Eva Tuckyta Sari Sujatna, M.Hum (UNPAD), Distributed Morphology Model of Analyzing Reduplikation oleh Dr. Agus Subiyanto, M.A (UNDIP), Natural Language Processing oleh Dr. Deery Tanti Wijaya (Univ. Boston, USA), Mode Chane in Classroom Discourse: View from SFL Perspective oleh Dr. Tengku Thyryhaya Zein, M.A. (USU).

Dr. Eddy Setia, M.Ed TESP, dalam sambutannya mengatakan di masa pandemi semangat belajar jangan sampai menurun, justru harus semakin meningkat, karena keseriusan dn kesungguhan untuk belajar akan memompa pikiran dan hati agar seimbang, yang pada akhirnya akan mendukung penguatan imun tubuh.

ist

“Saya selaku Ketua Prodi S2 dan S3 Ilmu Linguistik FIB USU akan terus mendorong dua program S2 dan S3 agar dosen-dosen dan mahasiswa tetap dalam aktivitas belajar,” katanya.

Menurutnya banyak cara untuk belajar dimasa pandemi ini, dengan menggelar Webinar, diskusi-diskusi aktif via daring dan lain sebagainya.

“Kita upayakan berbagai kegiatan belajar ini kira arahkan untuk memberikan masukan dan sumbangsih-sumbangsih terbaik bagi permasalahan bangsa dan negara serta permasalahan masyarakat. Kami Prodi akan semakin melakukan berbagai kegiatan ilmiah yang produktif agar keberadaan kita bermanfaat bagi masyarakat dan mendorong juga semua mahasiswa bisa cepat menyelesaikan studinya,” jelasnya.

Ketua Panitia Dr Tengku Thyryhaya Zein MA selaku mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi dan kerjasama semua pihak yang telah mengikuti webinar nasional tersebut.

OM-zan

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button