OkeEdukasiOkeTekno

Orang Indonesia Siap Membayar Konten Berita? Ini Hasil Riset TEMPO

JAKARTA – Okemedan. Orang Indonesia sudah siap membayar konten berita?  Prathita S Putra, Head of Digital Business dari Tempo Media Group, pada webinar ketiga Google for Media yang digelar Selasa (23/09) di Jakarta  menyatakan bahwa solusi TEMPO untuk dapat terus menyajikan berita yang mendalam, terkurasi, dan berkualitas dalam format digital, adalah model konten berita digital berbayar. “Kami yakin model konten berita digital berbayar ini akan menjadi model bisnis kunci, dan dapat menghasilkan revenue yang lebih besar dari iklan,” sebutnya.

Pathita S Putra
Prathita S Putra

 

Menurut riset TEMPO terkait perilaku pembaca di Indonesia, ada dua hal yang membuat orang mau membayar konten berita, yaitu: pembaca yang pernah membayar untuk mendapatkan berita pada format cetak akan cenderung tetap bersedia membayar walau bentuk medianya berubah menjadi digital. Ini menepis kekhawatiran akan hilangnya pelanggan cetak jika TEMPO masuk ke bisnis model berita digital berbayar,” ujarnya.

Di sisi lain, karena adanya kebutuhan dari pembaca cetak untuk mendapatkan berita dengan pengalaman interaksi yang lebih kaya, baik dari sisi kemampuan interaksi antar pembaca, interaksi antara pembaca dan penulis berita, hingga tampilan penyajian konten yang lebih interaktif, seperti format video dan suara.

 “Media yang memiliki citra merek yang dipercaya oleh pembaca akan lebih mudah dalam mengajak pembaca untuk membayar konten beritanya. Karena itu, seluruh nafas dan gerakan media harus bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan pembaca,” tambah Prathita.

Shilpa Jhunjhunwala, South APAC Head, News and Publishing Product Partnerships dari Google dalam pada itu, mengatakan, melalui fitur Berlangganan dengan Google, pengguna dapat memanfaatkan akun Google serta metode pembayaran mereka yang sudah ada. “Sehingga alur pembelian menjadi lebih singkat dan lancar. Lalu, pemilik hubungan dengan pelanggan tetap dimiliki oleh penerbit. Setelah kami memfasilitasi transaksi, kami akan mengirimkan informasi pelanggan kepada penerbit berita,” urainya.

 

OM- nta

 

 

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button