Kolom

PENTINGNYA BAHASA PRANCIS DI DUNIA

Oleh: Riza Harani Bangun

PADA zaman modern seperti ini, bahasa merupakan media yang mempunyai peran sangat penting dalam berkomunikasi sehari-hari, dimanapun dan kapanpun, baik itu secara lisan maupun tulisan. Bahasa erat kaitannya dengan manusia, seseorang pun menjadi merasa penting untuk mendalami dan mempelajari bahasa yang digunakannya.

Seharusnya, tidak hanya bahasa ibu saja yang harus dikuasai, melainkan juga bahasa asing. Apalagi di era 4.0 sekarang ini, kemampuan berbahasa asing menjadi nilai plus tersendiri, terutama untuk pendidikan dan karier.

Bahasa Prancis adalah bahasa yang sangat populer di dunia. Ketika orang berbicara bahasa Prancis, secara tidak langsung kita akan mengenali bahasa yang sedang digunakan tersebut.

Menurut OIF (L’Organisation internationale de la francophonie), hampir seluruh negara di dunia menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa ibu mereka.

Selain itu 88 negara bagian pada tahun 2018 dibuat untuk mempromosikan bahasa Prancis, keanekaragaman budaya dan bahasa, mempromosikan perdamaian, demokrasi dan hak asasi manusia, mendukung pendidikan dan penelitian dan mengembangkan kerja sama.

Dalam kategori bahasa resmi negara, bahasa Prancis berada pada urutan kedua setelah bahasa Inggris di dunia.

Selain itu, bahasa Prancis juga sudah menjadi bahasa resmi yang digunakan di lembaga-lembaga internasional yaitu FIFA, PBB, Uni Eropa, Mahkamah Internasional, Palang Merah Internasional, dan Amnesia Internasional.

Nilai plus lainnya, bahasa Prancis selalu hadir sebagai bahasa pengantar resmi di setiap perlombaan kelas dunia.

Setiap tanggal 20 Maret, negara-negara Francophone merayakan la journée de la francophonie atau Hari Francophonie. Tak ketinggalan, Kedutaan Besar Prancis di Indonesia (Ambassade de France en Indonésie) melalui Pusat Kebudayaan Prancis (Institut Français d’Indonésie) pun turut memeriahkan perayaan tersebut dengan mengadakan berbagai acara.

Mulai dari pameran kesenian, lomba membaca puisi, menyanyi, memasak, menonton film bersama hingga pertunjukkan musik.

Semua penutur bahasa Prancis setuju bahwa bahasa Prancis adalah bahasa yang paling romantis dan indah di dunia.

Maka tak heran jika bahasa ini termasuk salah satu bahan pembelajaran di berbagai sekolah maupun universitas.

Di lingkungan Uni Eropa, bahasa Prancis menjadi bahasa asing pilihan pertama setelah bahasa Inggris yang diajarkan di sekolah maupun universitas. Hal ini juga terjadi Indonesia.

Bahkan sejumlah universitas seperti UI, UGM, UNPAD, UB, UNNES, UNHAS, UNY, UPI, UNJ, UNIMED, dan UNILA telah membuka jurusan Pendidikan bahasa Prancis maupun sastra Prancis.

Selain itu, ada beberapa perguruan tinggi lainnya juga yang membuka jurusan Pendidikan Bahasa Prancis.

Jadi, kemampuan berbahasa Prancis akan menjadi nilai tambah sendiri bagi siapapun yang mempelajarinya.

Apalagi jika kemampuan tersebut dilengkapi dengan sertifikasi kemampuan berbahasa Prancis (DELF/Diplôme d’Études en Langue Française) yang seringkali menjadi syarat utama untuk melanjutkan pendidikan ke Prancis.

Dalam dunia karier, sebenarnya, tidak semua perusahaan Prancis mensyaratkan calon karyawannya untuk memiliki sertifikasi bahasa Prancis.

Namun, tetap saja untuk meningkatkan kualitas diri terutama di era globalisasi sekarang, mau tidak mau seseorang harus bisa berbahasa Prancis.

Perlu diketahui bahwa kebanyakan orang Prancis tidak bisa berkomunikasi menggunakan bahasa lain selain menggunakan bahasa Prancis.

Menguasai bahasa Prancis tidak hanya sebagai tujuan untuk meningkatkan kemampuan diri di era globalisas, tetapi juga merupakan suatu keharusan.

Pembelajaran suatu bahasa pun tentu tak bisa lepas dari budayanya. Sehingga, menguasai bahasa Prancis juga akan memperkaya pengetahuan, terutama pengetahuan di berbagai buku dan artikel berbahasa Prancis yang biasanya tidak ada terjemahannya dalam bahasa Indonesia. *

(Penulis Adalah Mahasiswa S2 Pendidikan Bahasa Prancis PPS UNIMED)

Berikan Komentar

Back to top button