OkeEdukasi

FE Unimed Laksanakan Ujian Kompetensi Akuntansi Bersertifikat BNSP

MEDAN I okemedan. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan mengikut sertakan sebanyak 8 orang Dosen dan 74 orang mahasiswa dalam Uji Kompetensi bidang akuntansi untuk mendapatkan sertifikasi yang diterbitkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Pelaksanaan ujian kompetensi ini merupakan tindak lanjut MoU antara Unimed dengan BNSP dan BKSP Provinsi Sumatera Utara.

Impelementasi MoU dalam bentuk MoA dan kerjasama teknis dilaksanakan oleh FE Unimed dengan LSP.

Akuntansi Humanika Investa Medan untuk uji sebanyak 20 orang dan LSP, Akuntansi, Perpajakan dan Manajemen Indonesia Jakarta sebanyak 54 orang.

Dekan FE Unimed Prof Indra Maipita MSi PhD didampingi WD1 Dr Eko Wahyu Nugrahadi MSi, WD2 Dr Azizul Kholis SE MSi MPd CMA CSRS dan WD3 Drs Johnson MSi, Ketua Prodi Akuntansi Taufik Hidayat SE MSi, Ketua Prodi Pendidikan Akuntansi Dr Jufri Darma dan Kepala Laboratorium Akuntansi Chom Gary MSi menjelaskan, bahwa pelaksanaan uji kompetensi di bidang akuntansi ini untuk mengetahui tingkat Kompetensi Dosen dan Mahasiswa apakah sudah sesuai dengan Standar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia yang telah ditetapkan oleh BNSP, sehingga kedepan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang mengadopsi kampus merdeka, merdeka belajar dan berorientasi pada RI 4.0 dan mengarahkan lulusan Akuntansi FE Unimed benar-benar memiliki keahlian dan bersertifikat BNSP yang dapat digunakan untuk menjadi Surat keterangan Pendamping Ijazah sebagai nilai tambah dan daya saing untuk memasuki dunia kerja.

Prof Indra Maipita mengatakan, khusus ujian untuk para dosen tentunya materinya berbeda dengan mahasiswa, karena ujian bagi dosen tingkatan sangat berbeda dan mengarah pada kompetensi bidang keahlian serta profesionalisme dosen, serta terkait juga dengan penguasaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Adapun kedelapan orang dosen FE Unimed yang mengikuti Ujian Kompetensi tersebut yaitu Dr Jufri Darma SE MSi Ak CA (Ketua Prodi Pendidikan Akuntansi), Taufik Hidayat SE MSi (Ketua Prodi Akuntansi), Chom Garry Ganda Tua Sibarani SE SPd MSi Ak CA (Kepala Laboratorium Akuntansi), Drs Jumiadi AW MSi Ak CA, Esa Setiana SE MSi, Ak CA, Rini Herliani SE MSi, Tuti Sriwedari SE MSi Ak dan Ulfa Nurhayani SE MSi (dosen Jurusan Akuntansi).

Berdasarkan pengumuman dari pihak LSP dan BNSP semua dosen yang mengikuti uji sertifikasi dinyatakan lulus dan Kompeten, tinggal menunggu proses penerbitan Sertifikasi. Tentunya, setelah lulus uji Kompetensi teknis dari LSP maka program kedepan FE Unimed akan mengikut sertakan para dosen pada pelatihan dan sertifikasi untuk menjadi Asesor BNSP.

“Saat ini baru terdapat 2 orang dosen FE Unimed yang telah lulus dan bersertifikasi sebagai Asesor Kompetensi (ASKOM) BNSP di bidang Akuntansi yaitu Dr Azizul Kholis SE MSi MPd CMA CSRS dan Putri Kemala Dewi SE MSi Ak CA dan sudah ikut menguji pada beberapa kegiatan BNSP secara nasional,” ujar Prof Indra Maipita.

Seluruh Pelaksanaan Ujian dilaksanakan secara ketat mematuhi protokol kesehatan dan untuk menjaga jarak atar peserta dan menghindari kerumunan, maka dilakukan secara bertahap yaitu tahap pertama tanggal 2 s.d 5 Oktober 2020 dilaksanakan oleh LSP Akuntansi, Perpajakan dan Manajemen Indonesia di Hotel Grand Central Jl. Sei Belutu Medan dan tahap kedua tanggal 7 Oktober 2020 dilaksanakan oleh LSP Akuntansi Humanika Investa di ruang Laboraturiom Akuntansi gedung FE Unimed.

Substansi Pelaksanaan ujian sertifikasi terdiri dari pemecahan masalah/kasus terkait transaksi dan penyusunan laporan keuangan yang dilakukan secara praktik tertulis, praktik komputer akuntansi menggunakan aplikasi/software dan interview pemahaman dunia kerja dan kesehatan dan keselamatan kerja yang dilakukan oleh para Asesor Kompetensi BNSP bidang Akuntansi.

OM-zan

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button