Tebingtinggi

Suasana Merah dan Akrab Warnai Puncak Peringatan HUT Kota Tebingtinggi ke-107 Tahun

MEDAN I okemedan. Suasana yang penuh kemeriahan dan keakraban namun tak menghilangkan unsur sejarahnya, tampak terlihat pada puncak perayaan Peringatan HUT (Hari Ulang Tahun) Kota Tebingtinggi ke 107 tahun di halaman Gedung Balai Kota Jln. Dr. Sutomo No. 14, Senin (1/7/2024).

Tampak hadir dalam acara tersebut, Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebingtinggi Dr. Moettaqien Hasrimi, S.STP., M.Si., Ketua DPRD Basyaruddin Nasution, S.H., M.H., Wakil Ketua I DPRD H. Muhammad Azwar, S.Si., M.M., Staf Ahli Gubernur Sumut Bidang Ekonomi, Keuangan, Aset dan SDA Dra. Manna Wasalwa Lubis, M.AP., Plt. Sekdako Kamlan Mursyid, S.H., M.M., CGCAE, Kajari Muhammad Mucshin, S.H., M.H., Kapolres AKBP. Andreas Luhut Jaya Tampubolon, S.IK., M.KP., Wakil Ketua PN Leni Lasminar Silitonga, S.H., M.H. dan Hakim PA Bayu Baskoro, S.Sy. dan Danramil 13/ TT Kapt. Inf. Yudi Chandra.

Ditandai dengan pelepasan balon ke udara, pemotongan kue ulang tahun dan tumpeng sebagai rasa syukur, serta penampilan pentas seni tari-tarian, drama, dan pemberian penghargaan dan penyerahan bantuan turut mewarnai semarak peringatan HUT Kota Tebingtinggi ke 107 tahun di halaman Gedung Balai Kota.

Sebelum perayaan tersebut, masih pada hari yang sama, dalam rangka HUT Kota Tebingtinggi ke 107 tahun digelar Rapat Paripurna DPRD di ruang Sidang Paripurna DPRD, yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Basyaruddin Nasution, S.H., M.H. dan Wakil Ketua I DPRD H. Muhammad Azwar, S.Si., M.M.

Staf Ahli Gubernur Sumut Bidang Ekonomi, Keuangan, Aset dan SDA Dra. Manna Wasalwa Lubis,M.AP. dalam sambutan tertulis Pj. Gubernur Sumut Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si. mengatakan bahwa, perayaan hari ini bukan hanya sekedar mengenang masa lalu, tetapi juga sebagai titik tolak untuk melangkah ke masa depan yang lebih gemilang.

Dalam perjalanan panjang sejarahnya, lanjut Staf Ahli Gubsu, Kota Tebingtinggi telah tumbuh menjadi pusat perekonomian yang penting di Sumatera Utara.

“Kita melihat bagaimana pusat perdagangan tidak hanya menghubungkan masyarakat lokal, tetapi juga menjadi magnet bagi pengusaha dan pelaku ekonomi dari berbagai daerah,” ujar Staf Ahli Gubsu.

Ucapan terimakasih tak lupa disampaikan kepada seluruh masyarakat Kota Tebing Tinggi, atas dedikasi dan kerja keras dalam membangun Kota Tebingtinggi, bersama menciptakan lapangan kerja, mendorong inovasi dan meningkatkan kesejahteraan.

“Selamat Hari Ulang Tahun Kota Tebingtinggi yang ke 107. Semoga kota kita tercinta ini semakin maju, sejahtera dan harmonis. Teruslah bersatu dan berkarya untuk kebaikan bersama,” tutup Staf Ahli Gubsu.

Pj. Wali Kota Tebingtinggi Dr. Moettaqien Hasrimi, S.STP., M.Si. yang mengenakan baju adat melayu modern, menyampaikan dalam rapat paripurna tersebut, makna tema perayaan HUT Kota Tebingtinggi pada tanggal 01 Juli 2024.

“HUT Kota Tebing Tinggi mengangkat tema “107 Tahun Kota Tebingtinggi, Kota Progresif Dan Berkelanjutan”. Tema ini memiliki makna yang kuat dan semangat bagi kita semua, bersama-sama dapat berperan aktif untuk semakin berkembang dan mendorong kemajuan kota ke arah yang semakin baik, mempertahankan keberhasilan program-program pemerintah dalam mewujudkan masyarakat indonesia maju dan berkelanjutan untuk menghasilkan pencapaian-pencapaian yang membanggakan bagi Kota Tebingtinggi,” ujar Pj. Wali Kota.

Tak lupa, Pj. Wali Kota memaparkan capaian kinerja secara makro Pemerintah Kota Tebingtinggi, mulai dari UMK (Upah Minimum Kota) Tebing Tinggi tahun 2024 sebesar Rp. 2.822.726, IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Kota Tebingtinggi tahun 2023 adalah sebesar 78,17, Perkiraan UHH (Usia Harapan Hidup) Kota Tebingtinggi tahun 2023 menjadi 74,07, rata-rata pengeluaran per kapita masyarakat Kota Tebingtinggi tahun 2023 sebesar Rp. 1.463.178, rata-rata pendapatan bersih sebulan pekerja informal di Kota Tebingtinggi tahun 2023 sebesar Rp. 2.145.996 dan gini ratio Kota Tebingtinggi tahun 2023 sebesar 0,317.

“Ini menunjukkan bahwa, Pemerintah Kota Tebingtinggi mendapat dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh pihak untuk sama-sama meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat Kota Tebing Tinggi,” ujar Pj. Wali Kota Moetaqqien Hasrimi.

Beberapa penghargaan yang telah diterima, turut disampaikan Pj. Wali Kota, diantaranya predikat WTP, penghargaan TP2DD pada 3 Oktober 2023, Penghargaan Kinerja Terbaik SP2KP tahun 2023, penghargaan bagi tim saber pungli, Kelurahan Mekar Sentosa meraih penghargaan kelurahan terbaik/teladan tingkat Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 17 Agustus 2023. Selanjutnya, 5 Kecamatan di Kota Tebingtinggi juga menerima penghargaan pelaksana terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara pada HKG PKK dan Harganas tahun 2023.

“Pencapaian ini semua merupakan hasil dari kerja keras seluruh elemen pemerintah dan masyarakat Kota Tebingtinggi. Oleh karena itu sudah sepantasnya ini menjadi kebanggan kita bersama sekaligus kita persembahkan kepada masyarakat Kota Tebingtinggi,” masih ujar Pj. Wali Kota.

Melalui peringatan hari jadi Kota Tebingtinggi ke 107 tahun, harap Pj. Wali Kota, menjadi momentum untuk kembali mengevaluasi diri tentang kontribusi apa yang dapat kita berikan kepada kota ini, agar kiranya Kota Tebing Tinggi menjadi kota yang progresif dan berkelanjutan, dengan sumber daya manusia yang berima dan berkualitas dalam bingkai kebhinekaan.

“Saya juga berpesan kepada seluruh aparatur Pemerintah Kota Tebingtinggi untuk selalu bekerja dengan penuh ketulusan, keikhlasan dan penuh tanggung jawab. Tanamkan selalu dalam diri untuk menjaga nama baik institusi dan esprit d’corps, yakni semangat kebersamaan dalam organisasi,” harap Pj. Wali Kota.

Kota Tebingtinggi salah satu ciri khasnya sebagai kota lemang, ungkap Pj. Wali Kota dalam saran, untuk membangun monumen/ tugu lemang.

“Hanya penyampaian ide saja. Jadi pemikiran kita bersama, membuat tugu lemang, tidak pun dimasa saya, mungkin di Wali Kota Tebingtinggi berikutnya,” tutup Pj. Wali Kota.

Ketua DPRD Kota Basyaruddin Nasution, S.H., M.H., dalam kesempatan ini mengatakan, hari ini Kota Tebingtinggi berusia 107 tahun, dengan makin tuanya kota ini, tentu berjalan pula dinamika dan berbagai macam problem yang kita hadapi.

“Untuk itu sudah sepatutnya kita bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa dan ucapan terima kasih yang sebesar besarnya kepada para pejuang sehingga kita dapat merasakan kemerdekaan di Kota Tebingtinggi ini,” ujar Ketua DPRD.

Dengan tema “107 Tahun Kota Tebingtinggi, Kota Progresif Dan Berkelanjutan”, tambah Ketua DPRD, tingkatkan pembangunan infrastruktur yang harus dibagi dengan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

“Dimana dalam hal ini tak terlepas dari dukungan para pemangku jabatan, penegak hukum, serta semua pihak,” ujar Ketua DPRD.

Semarak kemeriahan HUT (Hari Ulang Tahun) Kota Tebing Tinggi ke 107 Tahun, Pemerintah Kota Tebing Tinggi mengadakan berbagai kegiatan, diantaranya yaitu donor darah, senam sehat, pemeriksaan kesehatan gratis, khitanan massal, sepak bola prestasi old crack serta millenial festival. Kegiatan ini diharapkan memberi semangat dan kebersamaan seluruh warga masyarakat Kota Tebingtinggi.

Turut hadir, Danyon B Brimob Polda Sumut Kompol. Bima Anggalaksana, S.I.K., M.I.K., Kepala BNNK Kompol. Hendro Wibisono, S.IP., M.M., M.Si., Kalapas Kelas II Tebing Tinggi Anton Setiawan, A.Md.IP., S.H., M.Hum., Kakan Kemenag Dr. H. Muhammad David Saragih, S.Ag., M.M., anggota DPRD provsu Dodi Taher, Edi Sofian (Pj. Wali Kota Tebingtinggi periode 2010-2011), Oka Zulkarnain (Pj. Wali Kota periode 2016-2017).

Kemudian, Pj. Ketua TP PKK Ny. dr. Dara Caprian Moettaqien Hasrimi, Ketua DWP Kota Ny. Hj. Ummi Kalsum Saragih Mursyid, pencipta Mars Tebingtinggi Edi Victor Tambunan, Kepala OPD, Camat dan Lurah, insan pers, legiun veteran, masyarakat dan tim peliputan Diskominfo.

OM-zan

Back to top button
Verified by ExactMetrics