OkeLeisure

Atraksi Seni Budaya, Musik Sumut Pukau Warga Bali di Pesta Kebudayaan Bali 2024

DENPASAR, BALI | okemedan. Ribuan pengunjung dari berbagai daerah dan warga Kota Denpasar antusias menyaksikan atraksi budaya dan musik Sumatera Utara dalam rangkaian kegiatan Pesta Kebudayaan Bali ke-46 di Taman Werdhi Budaya Art Centre Denpasar, Bali.

Warga yang memadati Pesta Kebudayaan Bali terpukau dengan atraksi seni budaya dan musik Sumatera Utara yang mementaskan tarian dan nyanyian.

Kepala UPTD Taman Budaya, Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, I Wayan Ria Arsika di Denpasar, Sabtu (29/6/2024) menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang sudah menampilkan tarian dan musik di Pekan Kebudayaan Bali ke-46 yang sudah berlangsung pada tanggal 15 Juni 2024.

“Kami mengapresiasi setinggi-tingginya dalam hal ini Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumatera Utara atas keterlibatan selama empat hari ini ada sesuatu yang baru dan unik di Pesta Kesenian Bali ke 46 ini,” katanya.

I Wayan Ria Arsika menambahkan bahwa kehadiran Sumatera Utara merupakan mencerminkan khasanah budaya bangsa Indonesia yang luar biasa untuk bisa saling berkolaborasi dan saling mengisi.

“Harapan kami di Taman Budaya ini akan menjadi kolaborasi dan pembelajaran juga kepada para seniman-seniman kami baik itu seniman tari dan seniman krawitan, ada sesuatu yang bisa diambil dari segi positifnya,” tambahnya.

Salah seorang warga Gianyar Bali, Citra menyambut baik ada penampilan budaya Sumatera Utara. Menurut dia, bahwa kemeriahan Pesta Kebudayaan Bali tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Dimana, lanjut dia, pada tahun sebelumnya di Taman Budaya ini hanya menampilkan budaya Bali saja, namun kali ini ada atraksi kebudayaan dari Sumatera Utara.

“Dari sekian banyak atraksi budaya yang ditampilkan, yang paling berkesan adanya atraksi budaya dari Sumatera Utara yang sangat menghibur dan memukau pengunjung. Yang paling saya tunggu itu ya tarian tor-tor bersama. Sungguh luar biasa acara tahun ini, karena sangat menghibur sekali. Jadi antusias warganya cukup meriah dan menarik,” ujarnya.

Selain itu, warga Sumatera Utara dari Samosir yang sudah menetap di Bali, R Simagunsong mengatakan penampilan kebudayaan Sumatera Utara di Bali ini merasa sangat terharu dan berasa pulang kampung.

“Saya sangat senang sekali, ada penampilan seni budaya dan musik Sumatera Utara di sini. Saya merasa terharu seperti pulang kampung,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sumatera Utara Zumri Sulthony menyebutkan keterlibatan Sumatera Utara di Pesta Kebudayaan Bali yang sudah berlangsung tanggal 26 s.d 30 Juni 2024 tersebut mengangkat potensi budaya dan pariwisata, guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumatera Utara.

“Upaya ini bertujuan agar wisatawan tertarik mengunjungi destinasi pariwisata Sumatera Utara, saya optimis kalau promosi kita dilaksanakan secara masif, kunjungan wisatawan bisa meningkat” katanya.

Keterlibatan Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sumatera Utara di Bali dengan mengusung tema ‘North Sumatera Culture and Tourism Direct Promotion’ itu membawa sejumlah stakeholder yang terlibat dalam bidang pariwisata seperti agen perjalanan wisata, pelaku UMKM dan perhotelan untuk lebih memperkenalkan lebih jauh mengenai Sumatera Utara.

Zumri berharap, dengan adanya Sumatera Utara di Bali maka dapat mengundang wisatawan domestik maupun mancanegara lebih banyak lagi untuk berkunjung ke Sumatera Utara untuk menikmati keindahan alam maupun kekayaan budaya.

Dengan begitu akan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat Sumatera Utara dan juga mempromosikan Sumatera Utara sebagai salah satu destinasi unggulan Indonesia,” ujarnya.

OM – diurnawan

Back to top button
Verified by ExactMetrics