OkeSport

Kalahkan Filipina, Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Piala Dunia Zona Asia

JAKARTA | okemedan. Timnas Indonesia melaju ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia usai mengalahkan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (11/6/2024) malam WIB. Anak asuh Shin Tae-yong berkesempatan merebut tiket Piala Dunia 2026 pada fase ketiga.

Timnas Indonesia melaju ke putaran ketiga usai mengalahkan Filipina 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (11/6/2024) malam WIB.

Tendangan jarak jauh Thom Haye (’32) dan tandukan Rizky Ridho (’56) membawa Tim Garuda meraih kemenangan. Hasil ini membuat timnas mengamankan posisi dua Grup F dengan 10 angka, tidak mungkin dikejar Vietnam yang menghadapi Irak pada Rabu (12/6/2024) dini hari WIB.

Anak asuh Shin Tae-yong berkesempatan merebut tiket Piala Dunia 2026 pada fase ketiga kualifikasi zona Asia. Syaratnya adalah dengan menempati dua posisi teratas grup.

Di babak ini, Indonesia dan 17 tim lain dibagi menjadi tiga grup yang masing-masing berisi enam peserta. Hingga berita ini ditulis, sudah ada 17 tim yang dipastikan berpartisipasi di putaran tersebut. Selain Indonesia, daftarnya mencakup nama-nama langganan yang kerap mewakili Asia di Piala Dunia.

Mereka adalah Jepang, Korea Selatan, Iran, Australia, Arab Saudi, Qatar, Irak, Bahrain, Yordania, Oman, Palestina, Uni Emirat Arab, Uzbekistan, China, Kirgyzstan, dan Korea Utara.

Persaingan babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dijadwalkan berlangsung 5 September 2024 hingga 10 Juni 2025.

Jika gagal menduduki dua posisi teratas grup putaran ketiga, jalan Indonesia menuju Piala Dunia 2026 belum tertutup. Penghuni urutan tiga dan empat grup masih berpeluang memburu tempat dengan melangkah ke ronde keempat kualifikasi.

Di sini enam tim yang berjuang dibagi menjadi dua grup. Mereka saling sikut dengan hanya pemenang grup yang lolos ke turnamen utama.

Jika gagal jadi juara grup di putaran keempat kualifikasi, timnas Indonesia masih punya peluang lolos ke Piala Dunia 2026. Syaratnya adalah dengan menjadi runner-up grup. Kalau menduduki posisi tersebut, timnas bakal menghadapi peringkat dua grup lainnya. Pemenang lalu melaju ke play-off antarkonfederasi alias putaran kelima.

Wakil Asia akan berseteru melawan negara Afrika, Amerika Selatan, Oceania, serta dua dari Amerika Utara. Keenam tim itu disusun berdasar peringkat FIFA terbaru, dengan empat penghuni urutan terbawah melakoni laga eliminasi hingga menjadi dua.

Keempat tim tersisa kemudian bertarung memperebutkan tempat terakhir di Piala Dunia 2026.

OM – nta, liputan6.com

 

Back to top button
Verified by ExactMetrics