Deliserdang

Intervensi Serentak Penurunan Stunting, Pj Bupati Deliserdang:Gizi Anak Harus Terpenuhi

DELISERDANG I okemedan. Penjabat (Pj) Bupati Deliserdang,Wiriya Alrahman berharap agar setiap anak mendapat pemenuhan gizi yang cukup,sehingga Kabupaten Deliserdang terhindar dari stunting.

Untuk itu,dia meminta upaya pencegahan dan penanggulangan stunting harus menjadi perhatian serius.

“Kita harus bekerjasama dan bersinergi untuk memastikan setiap anak di Kabupaten Deliserdang mendapatkan gizi yang cukup dan terhindar dari stunting,” kata Wiriya Alrahman pada Pencanangan Intervensi Serentak Penurunan Stunting Kabupaten Deliserdang tahun 2024 di Kantor Desa Bandar Setia, Kecamatan Percut Sei Tuan, Senin (10/6/24).

Menurutnya,saat ini stunting masih menjadi permasalahan gizi utama bagi balita dibawah lima tahun (balita) di Indonesia. Stunting disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu lama dan penyakit infeksi berulang, yang mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan fisik dan perkembangan anak.

“Stunting pada balita sangat erat kaitannya dengan status kesehatan ibu pada saat hamil dan pasca melahirkan,” ucap Wiriya.

Dijelaskan Wiriya,dilaksanakannya intervensi serentak dan dilakukan secara berkelanjutan di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) atau dikenal dengan istilah bulan timbang atas arahan Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin, selaku Ketua Pengarah Tim Percepatan Penurunan Stunting.

Dalam arahan tersebut disampaikan, pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting menjadi gerakan bersama berkelanjutan.

Tujuannya,tambah Wiriya,guna memastikan cakupan layanan pengukuran yang lebih luas, deteksi dini masalah gizi dan kesehatan, serta intervensi yang tepat sasaran dan efektif kepada kelompok yang berisiko stunting.

Di tempat yang sama, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pengembangan Aset dan SDA, Manna Wasalwa Lubis berharap adanya kerjasama antara organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dan pihak lainnya. Dengan begitu, stunting bisa dicegah.

“Kabupaten-kota harus bisa segera menindaklanjuti intervensi serentak tersebut sampai ke tingkat kecamatan, desa dan kelurahan,” tutur Wasalwa Lubis pada acara yang dibuka Pj Gubernur Sumatera Utara (Gubsu),Hassanudin di Langkat melalui zoom meeting tersebut.

Acara tersebut juga dirangkai dengan pemberian bingkisan kepada balita, ibu hamil dan calon pengantin, akte kelahiran dan kartu identitas anak (KIA), bingkisan kepada siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Terlihat hadir, Sekda Deliserdang H Timur Tumanggor,Pj Ketua TP PKK Deli Serdang, Ismiralda Wiriya Alrahman, Ketua Dharma wanita Persatuan,Hj Boya Timur Tumanggor,perwakilan Forkopimda, pimpinan OPD, camat, lurah dan kades.

OMD-nal

Back to top button
Verified by ExactMetrics