OkeGlobal

6 Jemaah Sumatera Utara Gagal Berangkat Haji

Tahun Depan Skala Prioritas Diberangkatkan ke Tanah Suci

MEDAN | okemedan. Pemberangkatan jemaah calon haji (JCH) asal Sumatera Utara (Sumut) 1445H/2024 M diakhiri dengan pelepasan Kelompok Terbang (Kloter) 25, yang diberangkatan dari Asrama Haji Medan menuju Bandara Kuala Namu (KNIA) pada Senin (10/6/2024).

Dengan berakhirnya keberangkatan jemaah calon haji 2024, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sumut, H. Ahmad Qosbi Nasution S.Ag, didampingi Kabag TU M. Yunus, Kabid Haji Zulfan Efendi, Koordinator Media Centre Imam Mukhair menyatakan bahwa sebanyak 8624 para tamu Allah asal Sumatera Utara, termasuk dari 25 kloter. Dari jumlah tersebut, terdapat 6 orang yang batal berangkat ke Tanah Suci Makkah.

“Sampai dengan kloter akhir (kloter 25) ini, ada 6 orang JCH yang batal berangkat haji. Dari 6 orang tersebut, 2 orang karena hamil, dan 4 orang karena sakit,” ucap Kakanwil Kemenag Sumut, Ahmad Qosbi Nasution dalam kegiatan evaluasi pemberangkatan musim haji bersama wartawan di Gedung Jabal Nur Asrama Haji Medan, Senin (10/6)

Dalam kesempatan itu, Kakanwil Kemenang Sumut merinci, dari 6 orang tersebut, dua orang karena hamil dari Kloter 15 asal Mandailing Natal (Madina) dan Kloter 24 asal Medan. Sementara untuk 4 orang yang sakit dari kloter 16, 19, dan 21.

“Insya Allah, untuk keenam (6) orang jamaah calon haji yang batal berangkat, tahun depan kalau semua lengkap diprioritaskan berangkat,” tegas Ahmad Qosbi.

Diketahui, untuk enam 6 jamaah calon haji yang batal berangkat tidak dialihkan kepada keluarga lainnya.

OM – anindia

Back to top button
Verified by ExactMetrics