OkeGlobal

Selegram Indonesia Ditahan Arab Saudi, Dugaan Jual Paket Haji Visa Ziarah

JEDDAH | okemedan. Otoritas keamanan Arab Saudi telah menahan seorang selebgram Indonesia . Selegram itu diduga menjual paket haji tanpa izin dengan menggunakan visa ziarah kepada para jemaahnya di Makkah.

Kabar ditangkapnya selegram Indonesia yang belum jelas identitasnya itu diungkapkan oleh Konjen RI Jeddah Yusron B Ambary ketika ditemui tim Media Center Haji di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Kamis (6/6/2024).

“Kami mendapat kabar seorang selebgram sudah ditahan, detailnya belum dapat,” ucapnya.

Yusron lebih jauh mengatakan, selebgram yangditahan itu diduga menjual visa haji tanpa tasreh dan visa ziarah. Saat ini jemaah yang dibawa selegram tersebut sudah berada di Mekkah.

“Jemaahnya sudah ada di Makkah,sedang kita telusuri di mana posisinya, karena enggak ada lagi yang ngurus saat ini,” ungkap Yusron.

Menurut Yusron, pemerintah Arab Saudi aat ini sudah merazia akun-akun sosial media yang menjual visa haji tanpa antre. “Itu akan ditindak oleh aparat keamanan Saudi,” ujarnya.

Sebab Pemerintah Arab Saudi, lanjutnya, sangat serius membasmi pelaksanaan haji nonprosedural atau visa nonhaji. “Pemerintah Arab Saudi sudah mencatat akun-akun itu, ada yang di sini dan di Indonesia,” katanya.

Konjen RI di Jeddah sendiri menurut Yusron tidak bisa bertindak lebih jauh. “Tindakan kami lebih kepada korbannya. Nanti setelah ibadah haji selesai, kami akan menelusuri siapa korban dan pelakunya. Kemarin sudah mepet waktunya untuk menyelamatkan korban ke Tanah Air terlebih dahulu,” katanya.

OM – nta

Back to top button
Verified by ExactMetrics