OkeLeisure

ABBA Terima Gelar Ksatria Bergengsi dari Kerajaan Swedia

ABBA menerima gelar ksatria bergengsi dari kerajaan Swedia Jumat (31/5) lalu atas kontribusi mereka yang luar biasa dalam musik di Swedia dan dunia. Keempat anggota kuartet yang sudah empat dekade tidak manggung bersama itu hadir untuk menerima tanda jasa tersebut di Istana Kerajaan Swedia.

Keempat anggota kuartet pop asal Swedia, ABBA, yang memenangkan Kontes Lagu Euro vision 1974 dengan lagu “Waterloo,” pada Jumat (31/5), menerima salah satu gelar ksatria bergengsi dari Raja Swedia Carl XVI Gustaf.

Tanda jasa Order of Vasa dianugerahkan kembali untuk pertama kalinya setelah hampir 50 tahun. Sebelumnya Agnetha Faltskog, Björn Ulvaeus, Benny Andersson dan Anni-Frid Lyngstad menyandang gelar “Komandan Kelas Satu” atas “usaha yang sangat luar biasa dalam dunia musik Swedia dan internasional.”

Björn Ulvaeus mengatakan kepada wartawan, “(Saya) sangat terharu. Gelar ini diberikan rakyat Swedia. Jadi saya sangat tersentuh.”

Awal tahun ini, sejumlah kandidat dicalonkan masyarakat Swedia untuk menerima gelar ksatria tersebut. Setelah itu, pemerintah dan raja Swedia menyetujui beberapa calon, termasuk keempat anggota ABBA.

Gelar itu dianugerahkan dalam sebuah upacara yang khidmat di Istana Kerajaan Swedia, di Ruang Pertemuan Vita Harvet yang berlapis emas. Raja menyerahkan tanda jasa yang dikemas dalam kotak berwarna merah, sementara Ratu Silvia memberikan sertifikat penghargaan kepada mereka.

“Gelar yang Anda dapatkan hari ini merupakan bentuk terima kasih Swedia atas usaha Anda yang luar biasa,” ungkap raja sebelum penyerahan tanda jasa kepada “13 warga Swedia yang luar biasa.”

VOA

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Verified by ExactMetrics