OkeGlobal

Kakek Bidut Jamaah Lansia Asal Labuhan Batu Utara, Kuncinya Jangan Tinggalkan Sholat Berjamaah di Masjid

Bidut Bin Arsya Jaminta berusia 92 tahun manifes 170, merupakan salah seorang jemaah tertua di Kloter 7,

MEDAN l okemedan. Jemaah calon haji asal Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura) yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 7 siap diberangkatkan menuju tanah suci.

Salah seorang jemaah calon haji asal Labura bernama Bidut Bin Arsya Jaminta berusia 92 tahun manifes 170, merupakan salah seorang jemaah tertua di Kloter 7, namun usia sepuh tidak menyurutkan keinginan kakek Bidut untuk melaksanakan rukun Islam ke lima ini, dan ibadah haji merupakan penyempurnaan rukun Islam tersebut.

Salah seorang jemaah pendamping Kakek Bidut bernama Suwandi Bin Poniman manifes 169 kepada media mengatakan, bahwa kondisi kakek Bidut walaupun sepuh tidak banyak kesulitan dalam keseharian saat pendampingan jamaah lansia.

“Kakek Bidut ini menurut pengakuannya berusia 105 tahun, namun berdasarkan KTP beliau berusia 92 tahun, dan saya sebagai pendamping bersyukur, di usia sepuh seperti ini, beliau bisa melaksanakan haji tahun ini,”ujar Suwandi kepada awak media, Minggu (19/5/2024) di asrama haji Medan.

Menurut Suwandi, kakek Bidut secara umum kondisinya tidak nampak seperti orang lansia pada umumnya. Kondisi fisik dan motoriknya masih bagus bahkan di atas usia lansia lainnya.

“Walaupun Kakek Bidut ini usianya berdasarkan KTP 92 tahun, namun secara fisik masih bagus, lihat beliau masih sanggup berjalan tanpa bantuan kursi roda, pendengaran baik, penglihatan bagus, bahkan makan pun seperti orang biasa lahap dan tidak sulit atas permintaan yang aneh-aneh, inilah mungkin anugerah Allah kepada Kakek Bidut berupa kesehatan yang tak ternilai,”ujar Suwandi.

Menurut Suwandi seperti diceritakan Kakek Bidut, kondisi sehat ini didapatkan karena salah satunya rajin olahraga dan senantiasa melaksanakan sholat berjamaah di Masjid.

“Yang saya lihat Kakek Bidut ini sangat disiplin menjaga sholat berjamaahnya di Masjid, bahkan subuh sekalipun hujan, beliau tetap ke masjid membawa payung dan senter sebagai penerang, inilah mungkin cara Allah menjaga Kakek Bidut diusia senjanya ini tetap sehat, bugar dan fit,” sambung cucu dari Kakek Bidut ini.

Hal lain disampaikan Suwandi, bahwa Kakek Bidut ini merupakan salah seorang veteran pejuang kemerdekaan, namun karena tidak ada yang mengurus administrasi.

Suwandi berharap pada pelaksanaan haji tahun ini semoga semuanya dilancarkan baik saat tiba di tanah suci, semuanya berjalan baik.

“Mohon doanya semoga perjalanan haji kami berjalan lancar saat berangkat maupun kembali dalam keadaan sehat walafiat, Insya Allah Kakek Bidut tetap saya dampingi selalu selama pelaksanaan ibadah haji ini secara baik,”ujarnya.

OM – Anindia

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Verified by ExactMetrics