OkeSport

Timnas U-23 Skuad Tertinggi di ASEAN, Diperkuat 4 Pemin U-19

QATAR | okemedan. Timnas Indonesia U-23 mempunyai skuad paling tinggi di antara negara ASEAN di Piala Asia U-23 2024. Hal itu menjadi modal bagus bersaing di Qatar.

Piala Asia U-23 2024 akan berlangsung di Qatar lusa, 15 April sampai 3 Mei 2024. Indonesia menjadi satu-satunya debutan di antara 16 tim yang lolos ke putaran final.

Indonesia masuk ke dalam grup berat. Hasil undian menempatkan Indonesia di Grup A bersama Qatar, Australia, dan Yordania. Qatar yang akan dilawan skuad Merah Putih pada laga pertama di Stadion Jassim bin Hamad pada 15 April 2023.

DIlasir detik.com, skuad untuk berlaga di Piala Asia U-23 2024 sudah diserahkan ke AFC. Berdasar data yang dihimpun oleh seasia.goal, TImnas China U-23 mempunyai rata-rata tinggi badan teratas dengan 183,9 sentimeter.

Di antara negara-negara ASEAN, Indonesia mempunyai rata-rata tinggi badang teratas.

Diperkuat enam pemain usia 19 tahun

Timnas Indonesia U-23 akan diperkuat enam pemain berusia 19 tahun saat tampil di Piala Asia U-23 2024.

Pelatih Shin Tae Yong telah menetapkan 23 pemain pilihannya untuk ajang yang berlangsung di Qatar, 15 April-3 Mei mendatang. Dengan skuad saat ini, Tim Garuda Muda menempati posisi kedua tim dengan rata-rata usia termuda yakni 20,56 tahun.

Posisi ini berhak ditempati Timnas Indonesia U-23 juga karena faktor kehadiran pemain yang belum genap berusia 20 tahun.

Di posisi kiper, terdapat sosok pemain berusia 19 tahun yakni Daffa Fasya. Kiper Borneo FC itu jadi pilihan selain Ernando Sutaryadi dan Muhammad Adi Satryo untuk posisi di bawah mistar.

Jika melihat pengalaman, Daffa Fasya agaknya hanya akan jadi pilihan ketiga buat pelatih Shin Tae Yong.

Di sektor pemain belakang, Dony Tri Pamungkas juga baru berusia 19 tahun. Pemain Persija Jakarta kelahiran 11 Januari 2005 ini bahkan jadi pemain termuda yang ada di skuad Timnas Indonesia U-23.

Dony Tri akan bersaing dengan Pratama Arhan untuk memperebutkan tempat di posisi bek kiri Timnas Indonesia U-23.

Tiga pemain berusia 19 tahun masuk dalam daftar pemain untuk lini tengah. Ketiga pemain itu adalah Rayhan Hannan, Arkhan Fikri, dan Marselino Ferdinan.

Nama terakhir jadi sosok yang paling berpengalaman meski usianya belum 20 tahun. Bukan hanya karena kini berkarier di Belgia bersama KMSK Deinze, Marselino juga langganan starter di Timnas Indonesia.

Mantan pemain Persebaya Surabaya itu sudah mengoleksi 18 caps bersama Tim Merah Putih dengan torehan enam gol.

Nama terakhir pemain berusia 19 tahun yang berada dalam daftar 23 pemain yaitu Hokky Caraka. Penyerang PSS Sleman ini berpotensi jadi andalan Shin Tae Yong untuk menggedor pertahanan lawan di Piala Asia U-23 2024.

Timnas disambut meriah

Timnas Indonesia U-23 mendapatkan sambutan meriah di Qatar jelang tampil di Piala Asia U-23 2024.

Hal itu diketahui dari unggahan akun Instagram Timnas Indonesia, Sabtu (13/4). Dalam video yang diunggah terlihat besarnya antusiasme pekerja Indonesia yang berada di Qatar saat menyambut Marselino Ferdinan dan kawan-kawan.

Penggawa Tim Garuda Muda juga tampak semringah karena mendapatkan sambutan yang hangat. Anak asuh Shin Tae Yong juga bertemu dengan Duta Besar RI untuk Qatar, Ridwan Hassan.

Sambutan yang positif itu sudah dirasakan skuad Timnas Indonesia U-23 saat tiba di Doha Qatar, Rabu (10/4) lalu. Mereka disambut meriah puluhan wakil Ultras Garuda Qatar di Hamad International Airport dan juga saat tiba di hotel tempat tim menginap.

Timnas Indonesia U-23 tiba di Qatar setelah melakukan pemusatan latihan sejak 1 April di Dubai, Uni Emirat Arab. Selain melaksanakan TC, Timnas Indonesia U-23 menggelar dua laga uji coba.

Timnas Indonesia U-23 kalah 1-3 dari Arab Saudi di laga uji coba pertama dan kemudian menang 1-0 atas Uni Emirat Arab saat laga uji coba kedua.

detik.com.cnnindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Verified by ExactMetrics