OkeGlobal

Disbudparekraf Sumut – Konjen India Rayakan 75 Tahun Hubungan Diplomatik India-Indonesia

MEDAN | okemedan. Disbudparekraf Sumut Bersama Konjen India Meriahkan Perayaan 75 Tahun Hubungan Diplomatik India-Indonesia

Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sumatera Utara bersama Konsulat Jenderal India menggelar Perayaan Bersama 75 Tahun hubungan diplomatik Indonesia-India, dengan menyelenggarakan pertunjukan tarian seni budaya Braj Folk Dance untuk merayakan 75 tahun hubungan diplomatik India-Indonesia.

Adapun, seniman yang akan tampil di acara ini adalah kelompok seni budaya India bernama Pratibha Kala Kender Dance Club. Selain itu, kelompok seni budaya Indonesia dari Sumatera Utara juga menyajikan pertunjukan budaya selama acara berlangsung di ruang aula Raja Inal Siregar kantor Gubernur Sumut, Kamis (21/3/2024).

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang dalam hal ini diwakilkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Zumri Sulthony di Medan, Kamis malam (21/3/2024) mengatakan pemerintah India dengan Indonesia adalah merupakan negara sahabat yang sudah lama menjalin kerjasama dibidang kebudayaan dan pariwisata khususnya di Sumatera Utara.

Kami berharap acara pertunjukan budaya di Sumatera Utara ini juga mampu menjadi daya tarik baru bagi wisatawan, terutama wisatawan mancanegara (wisman) keturunan India dari negara tetangga, Singapura dan Malaysia, maupun wisman asal India secara langsung.

“Semoga dengan makin banyaknya acara budaya maupun kolaborasi yang mendatangkan penampilan internasional seperti ini, makin menambah atraksi wisata di Sumatera Utara,” katanya.

Pada hakikatnya acara ini merupakan momentum bagi kita bersama untuk mempererat tali silaturahmi dan penyadaran akan pentingnya pelestarian nilai-nilai budaya bangsa sekaligus sebagai wujud komitmen kita semua untuk melestarikan nilai-nilai budaya sebagai pedoman dalam kehidupan kita bersama. Terlebih, di Sumatera Utara juga terdapat banyak komunitas warga India.

Perayaan 75 tahun Hubungan Diplomatik India dan Indonesia merupakan tonggak penting sebuah bukti persahabatan abadi dan saling menghormati antara kedua negara.

“Sumatera Utara dengan keberagaman etnis budayanya antara lain seperti Melayu, Batak, Karo, Mandailing, Nias,Jawa dan juga terdapat budaya etnis pendatang seperti Tionghoa, Arab dan India semuanya adalah masyarakat Sumatera Utara yang dapat saling menghargai dan menghormati antar suku, umat dan budaya,” tambahnya.

Sementara itu, Konsulat Jenderal India di Medan, Mr Shubham Singh menyampaikan acara peringatan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan India mencerminkan komitmen kedua negara untuk semakin mempererat hubungan dan menjajaki peluang kolaborasi di sektor-sektor baru, sekaligus menegaskan kembali persamaan dan melestarikan warisan budaya yang menjadi landasan landasan hubungan diplomatik. persahabatan India – Indonesia.

Indonesia juga merupakan rumah bagi banyak diaspora dan anggota komunitas India yang selama bertahun-tahun telah bertindak sebagai jembatan dalam menjaga hubungan persahabatan antara kedua negara. “Kami sangat gembira bisa terlibat dalam membina pertukaran budaya yang memperkuat ikatan antara India dan Indonesia,” tegasnya.

OM – diurnawan

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Verified by ExactMetrics