Tebingtinggi

Buka MTQ ke-53 dan FSQ ke-17 Kota Tebingtinggi, Pj Wali Kota: Jaga Persatuan dan Kesatuan serta Kerukunan

TEBINGTINGGI I okemedan. Pj Wali Kota Tebingtnggi Drs. Syarmadani, M.Si yang diwakili oleh Plh. Sekretaris Daerah Kota Tebingtinggi M. Syah Irwan, SKM, M.Kes menyampaikan sebagai umat muslim harus menjaga persatuan, kesatuan dan kerukunan untuk mewujudkan Kota Tebingtinggi yang memberikan kebaikan.

Hal ini disampaikan Plh. Sekretaris Daerah Kota Tebingtinggi saat membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-53 dan Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-17 Tingkat Kota Tebingtinggi Tahun 2024, yang diselenggarakan Pemko Tebingtinggi, Sabtu malam (2/03/24)di Lapangan Merdeka Jalan Sutomo Kota Tebingtinggi.

“Saya berharap agar MTQ ini menjadikan sumber kehidupan bagi kita supaya menjadi tentram, karena setiap harinya kita mendengar bacaan Alquran. Sebagai umat muslim harus menjaga persatuan, kesatuan dan kerukunan untuk mewujudkan Kota Tebing Tinggi yang memberikan kebaikan,” ujar Plh. Sedako.

Kegiatan MTQ dan FSQ dengan tema “Meneguhkan Nilai-Nilai Al-Qur’an Menuju Kota Tebingtinggi Yang Modern dan Religius,” ini turut dihadiri Ketua DPRD, Basyaruddin Nasution beserta Pimpinan Forkopimda, OPD, Ketua MUI, Tokoh Agama, Camat, Lurah, para tamu undangan lainnya serta para peserta.

Sementara itu, Ketua DPRD Tebingtinggi, Basyaruddin Nasution menyampaikan apresiasi kepada Pemko Tebingtinggi, yang sudah melaksanakan kegiatan MTQ dan FSQ tingkat Kota Tebingtinggi Tahun 2024.

“Harapan kita bersama mudah-mudahan kita dapat menerapkan nilai-nilai nya, dan membangkitkan semangat dan dapat memahami Al-Qur’an. Dengan adanya kegiatan ini mudah-mudahan kita dapat mencari bibit-bibit baru dan generasi baru penghafal Al-Qur’an,” ujarnya.

Sebelumnya Kabag Kesra Kota Tebingtinggi selaku Ketua Panitia, H. Aidil melaporkan, kegiatan ini dilaksanakan selama 7 hari, terhitung mulai hari Sabtu 02 Maret s/d Jumat 08 Maret 2024, dengan peserta diikuti oleh utusan Kecamatan se-Kota Tebingtinggi, yang mengikuti beberapa cabang dan golongan perlombaan sebanyak 803 orang.

Dijelaskan Aidil, perlombaan MTQ terdiri dari, Cabang Seni Baca Al-Qur’an, Cabang Qiro’at Al-Qur’an, Cabang Hafalan Al-Qur’an, Cabang Syarhil Qur’an, Cabang Fahmil Qur’an, Cabang Seni Kaligrafi Al-Qur’an dan Cabang Karya Tulis Al-Qur’an (KTIQ). Untuk Festival Seni Qasidah terdiri dari Cabang Bintang Vokalis, Cabang Qasidah Rebana Klasik dan Cabang Pop Religi.

“Jumlah Dewan Hakim Penilai sebanyak 60 orang dari Tebingtinggi dan Medan, lalu untuk jumlah Stan UMKM yang di sediakan oleh Pemko Tebingtinggi sebanyak 10 Stan yang diisi dari berbagai makanan, minuman serta aksesoris dan pakaian khas Kota Tebing Tinggi,” tutupnya.

Sebagai Informasi, MTQ ke-53 dan FSQ ke-17 Tingkat Kota Tebingtinggi digelar usai dilaksanakan MTQ Tingkat Kecamatan Tahun 2023, kegiatan ini adalah untuk mencari peserta yang nantinya akan diperlombakan di Tingkat Provinsi hingga ke Tingkat Nasional dan mewakili Kota Tebingtinggi dalam kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an.

OM-zan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Verified by ExactMetrics