OkeGlobal

Nisfu Syaban Malam ini, Berikut 5 Amalan yang Bisa Dilakukan

MEDAN I okemedan. Memasuki bulan Syaban dalam kalender Hijriah, setiap umat Islam disunahkan untuk mengerjakan sejumlah amalan, terlebih saat malam Nisfu Syaban. Malam tersebut adalah malam Nisfu Syaban yang jatuh pada tanggal 15 Syaban. Tahun ini bertepatan pada hari ini, Sabtu malam Minggu, 24 Februari 2024.

Pada malam Nisfu Syaban, diyakini Allah SWT turun ke bumi untuk mengampuni dosa hamba-Nya. Oleh sebab itu, alangkah baiknya bagi setiap Muslim untuk berdoa di malam Nisfu Syaban.

Ulama kharismatik KH Yahya Zainul Ma’arif atau akrab disapa Buya Yahya mengatakan bahwa Syaban adalah bulan yang diperhatikan Nabi Muhammad SAW. Nabi memperhatikan Syaban secara khusus karena dianggap bulan tersebut telah dilalaikan dan dilupakan hamba Allah karena sibuk ibadah di bulan Rajab dan Ramadhan.

Perhatian Nabi Muhammad SAW terhadap bulan Syaban dilakukan dengan cara berpuasa. Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim, Sayyidah Aisyah radhiyallahu anha berkata bahwa Rasulullah SAW sering berpuasa dan sering juga tidak berpuasa di bulan Syaban.

Buya Yahya mengatakan, ada isyarat baginda nabi tentang malam Nisfu Syaban dalam hadis yang diriwayatkan Sayyidina Muadz bin Jabal. Imam Ibnu Hibban mengatakan hadis ini sahih. Imam thabrani mengatakan perawinya adalah orang yang bisa dipercaya.

Dalam hadis tersebut Nabi SAW berkata, sesungguhnya Allah SWT melihat setiap saat, Allah SWT akan melihat hamba-Nya juga pada malam Nisfu Syaban. Pada malam nisfu Syaban Allah akan memberi pengampunan kepada semua makhluk-Nya, kecuali bagi orang yang menyekutukan Allah (musyrik) dan punya rasa benci kepada saudaranya.

“Diriwayatkan dari ‘Aisyah ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw sering berpuasa sehingga kami katakan: ‘Beliau tidak berbuka’; beliau juga sering tidak berpuasa sehingga kami katakan: ‘Beliau tidak berpuasa’; aku tidak pernah melihat Rasulullah saw menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali Ramadhan; dan aku tidak pernah melihat beliau dalam sebulan (selain Ramadhan) berpuasa yang lebih banyak daripada puasa beliau di bulan Sya’ban’.” (Muttafaqun ‘Alaih. Adapun redaksinya adalah riwayat Muslim).

“Jadi pernah ditemukan nabi itu puasa banyak sekali di bulan Syaban, dan juga pernah hampir tidak berpuasa. Kata Sayyidah Aisyah, aku tidak melihat baginda Nabi SAW menyempurnakan puasa sebulan kecuali bulan Ramadhan, dan aku tidak melihat nabi puasa banyak di hari-hari (biasa) kecuali di bulan Syaban,” kata Buya Yahya dikutip dari YouTube Al Bahjah TV, Kamis (22/2/2024).

Oleh karenanya, Buya Yahya mengajak umat Islam untuk menghidupkan Syaban dengan beribadah. Tak hanya berpuasa, tapi juga ibadah-ibadah lainnya seperti sholat, sedekah dan berdzikir. Sebab, Syaban adalah bulan persiapan menyambut Ramadhan.

Terdapat berbagai keutamaan lainnya. Berikut ini adalah 5 amalan malam Nisfu Syaban yang dianjurkan:

1. Memperbanyak Berdoa

Salah satu amalan malam Nisfu Syaban adalah memperbanyak berdoa. Pada malam Nisfu Syaban, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah salat sunah dan berdoa setelahnya. Pasalnya, Allah SWT turun ke bumi untuk mengampuni dosa setiap hamba-Nya yang memohon ampun.

2. Membaca Surat Yasin 3 Kali

Keutamaan malam Nisfu Syaban selanjutnya adalah membaca surat Yasin sebanyak tiga kali. Hal ini bisa memberikan keberkahan terhadap setiap individu yang membacanya. Adapun doa untuk setiap bacaan adalah.

Bacaan pertama: memohon umur panjang dalam kondisi taat kepada Allah SWT.
Bacaan kedua: agar terhindar dari bencana.
Bacaan ketiga: agar memperoleh harta dan kecukupan selama hidup.

3. Membaca Istighfar

Amalan malam Nisfu Syaban lainnya adalah memperbanyak bacaan istighfar. Hal ini bertujuan untuk memohon ampun kepada Allah SWT agar dihapus segala dosa-dosanya. Sebab, setiap manusia tidak luput dari salah dan dosa.

4. Memperbanyak Dzikir

Amalan malam Nisfu Syaban berikutnya adalah memperbanyak berdzikir sepanjang malam Nisfu Syaban. Umat Islam dianjurkan untuk membaca bacaan takbir serta tahmid sebanyak 100 kali. Setelah itu, dilanjutkan dengan bacaan selawat Nabi sebanyak 100 kali serta dzikir lain kepada Allah.

5. Salat Tahajud

Keutamaan malam Nisfu Syaban selanjutnya adalah melakukan salat Tahajud di sepertiga malam. Umat Islam dianjurkan untuk bangun di sepertiga malam dan melaksanakan salat tahajud, lalu memohon doa serta mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya.

Di samping itu, umat Islam juga bisa berdzikir serta membaca Al-Quran sambil menunggu azan subuh tiba.

Buya Yahya mengajak umat Islam meningkatkan istighfar di malam Nisfu Syaban. Menurutnya, istighfar adalah ibadah yang sangat luar biasa sesuai keutamaan malam Nisfu Syaban, yakni pengampunan dari Allah.

“Kita beristighfar sebanyak-banyaknya. Berdamai dengan Allah SWT. Kemudian juga berdamai dengan saudara, sanak keluarga. Pastikan di hari itu kita sudah tidak punya dendam kepada siapa pun, tidak punya permusuhan, tidak punya persengketaan, kepada siapapun,” pesannya.

“Kalau sudah begitu, berarti Anda akan mendapat pengampunan dari Allah SWT. Alangkah indahnya mendapat pengampunan dari Allah,” kata Buya Yahya.

Buya Yahya juga mengatakan bahwa tidak ada sholat khusus yang dilakukan di malam Nisfu Syaban. Namun, apabila ingin meningkatkan sholat sunnah seperti yang dilakukan di malam-malam lainnya diperbolehkan.

“Maka yang ingin melakukan sholat di malam itu juga boleh. Apakah sholat hajat, sholat tasbih, atau sholat lainnya diperkenankan. Lakukan sholat dan dzikir sebanyak-banyaknya di malam itu, dan istighfar sebanyak banyaknya di malam itu,” tutur Buya Yahya.

OM – nta

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Verified by ExactMetrics