OkeBizUncategorized

Tourism Malaysia dan MATTA Promosi Wisata Selangor Lewat MTEX di Medan

MEDAN | okemedan. Malaysian Association of Travel and Tourism Agents (MATTA) Selangor Chapter bekerjasama dengan Tourism Malaysia di Medan menyelenggarakan roadshow MATTA Travel Exchange
(MTEX). Roadshow melibatkan sekitar perwakilan 26 perusahaan wisata dan hospitality asal Malaysia di Le Polonia Medan, Rabu (31/1). Sebelumnya, Roadshow  digelar di Surabaya .

Direktur Tourism Malaysia Medan, Chan Hon Mun, mengatakan kegiatan ini bertujuan memberikan Informasi wisata Malaysia terkini, khususnya di Selangor, dan juga untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Malaysia, khususnya dari Medan.

Tahun ini Chan Hon Mun.menargetkan 4 juta pelancong Indonesia berkunjung ke Malaysia. Ia optimis hal itu dapat tercapai berdasarkan pencapaian pada tahun sebelumnya.

Pada 2023 pelancong dari Indonesia mencapai 3,1 juta orang. Jumlah ini melebihi target yang ditetapkan yakni sebanyak 2,9 juta orang, bahkan naik dua kali lipat bila dibandingkan tahun 2022 dengan jumlah pelancong hanya 1,5 juta orang.

Chan Hon Mun menjelaskan Pulau Sumaetra, termasuk Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menjadi salah satu target pasar yang cukup penting karena populasinya yang cukup besar sekitar 60 juta jiwa. Oleh karena itu, pihaknya terus menggencarkan promosi di Pulau Sumatera untuk menarik minat pelancong.

Chan menuturkan, Selangor tak begitu jauh ditempuh dari Kuala Lumpur dengan perjalanan darat. Perkembangan infrastruktur Malaysia yang cukup pesat, kata Chan, memudahkan wisman untuk ke sana. “Hanya butuh 1 jam datang ke Kuala Lumpur dengan transportasi yang memadai,” ujarnya.

Dikatakan Chan, Jika Kuala Lumpur menyajikan pemandangan moderen, Selangor menampilkan pemandangan panorama yang indah. Seperti Sky Mirror, fenomena seperti ini hanya ada dua di dunia, satu di Selangor dan satu lagi di Bolivia. Cuma di Bolivia, pantulannya dari darat bukan dari pasir. Juga  pantai.‘pulau misterius’ tersembunyi di Kuala Selangor, Malaysia yang terkenal mendunia. Terletak di tengah laut, pulau ini disebut misterius lantaran pulau yang tidak terlalu luas ini hanya akan muncul pada waktu -waktu tertentu saja. Jika air laut pasang, pulau inipun terhapus.  Tak nampak sama sekali.

Ketua MATTA Selangor, Malaysia Vijie menyebutkan, tujuan utama diadakan roadshow ini adalah untuk membangun dan merawat pasar wisata yang selama.ini sudah terjalin.

Menurutnya, MTEX lebih dari sekedar transaksi dengan tujuan untuk meningkatkan jaringan strategis bersama agen perjalanan, agen perjalanan online, asosiasi pariwisata, dan media.

“Selain itu tujuan utamanya adalah untuk membina kolaborasi bermakna yang berkontribusi terhadap pertumbuhan industri perjalanan dan pariwisata,” jelasnya.

Dia juga memaparkan, banyak produk visioner dan baru dari 580 lebih daerah tujuan wisata.

“Melalui berbagai program wisata itu bisa mendorong kolaborasi dan terbukanya peluang usaha dengan rekan-rekan bisnis Indonesia,” ujanya.

Fokus Wisata Kuliner dan Budaya

Menjawab pertanyaan okemedan.com, Direktur Tourism Malaysia Medan, Chan Hon Mun, mengatakan tahun ini Malaysia Tourism menawarkan thema wisata kuliner dan kultur (budya) sebagai fokus utama kunjungan wisatawan, selain yang sudah ada seperti medical tourism. Khusus Selangor memiliki atmosfer alam, perkampungan dan aneka kuliner khas yang memanjakan lidah.

Khusus mendekati Tahun baru China tahun ini, terjadi peningkatan jumlah wisatawan sebesar 15 persen yang berkunjung ke Malaysia dari Medan.

Visit Malaysia Year 2026

Selain dari Indonesia, industri pariwisata Malaysia juga mendorong turis dari China datang lebih banyak lagi ke negara itu. Dilansir dari The Star, Selasa (1/2),Direktur Jenderal  Malaysia Tourism Datuk Dr Ammar Abd Ghapar mengatakan Tourism Malaysia secara aktif menyusun strategi untuk mencapai target lima kali lipat lebih dari lima juta wisatawan dari Tiongkok tahun ini.

Dia mengatakan bahwa strategi tersebut termasuk meningkatkan frekuensi penerbangan dari Tiongkok dan mendorong maskapai-maskapai penerbangan baru di negara tersebut untuk mempertimbangkan mempromosikan Malaysia sebagai tujuan utama.

Dia mengatakan bahwa target tersebut juga sejalan dengan peringatan 50 tahun berdirinya hubungan diplomatik antara Malaysia dan Tiongkok tahun ini, di samping meningkatkan upaya pariwisata untuk Visit Malaysia Year 2026.

Deputy Chairman Tourism Malaysia, Datuk Yeoh Soon Hin dalam sambutannya mengatakan secara keseluruhan kedatangan wisatawan internasional ke Malaysia pada tahun lalu sekitar 18 juta orang dengan pengeluaran  sebesar RM66,3 miliar.

OM – diurnanta

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Verified by ExactMetrics