Madina

Pengawasan Partisipatif Masyarakat Dibutuhkan Dalam Mewujudkan Pemilu Berintegritas di Madina

PANYABUNGAN I okemedan. Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) M Ridwan Lubis menyampaikan, dalam mewujudkan pemilu yang berintegritas dibutuhkan partisipasi masyarakat dalam hal pengawasan partisipatif.

Demikian disampaikan Ridwan pada acara sosialiasi pengawasan partisipatif pemilu 2024 di aula hotel madina sejahtera Kamis (1/2/2024).

Sosialiasi pengawasan partisipatif pemilu 2024 diselenggarakan oleh Bawaslu Madina dan diikuti oleh Ormas Wa, Ormas, dan organisasi wartawan.

Dikatakan Ridwan, pesta demokrasi menjadi agenda penting bagi masyarakat, karena dengan pemilu akan ada pergantian kepemimpinan secara sah sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan.

Pemilu adalah salah satu instrumen penting, dan untuk mensukseskan pesta demokrasi perlu adanya partisipasi dari masyarakat, baik pengawasan partisipatif setiap tahapan yang berlangsung.

“Pemilu adalah instrumen pergantian pemimpin, dan juga rakyat di berikan kewenangan untuk menggunakan hak pilihnya untuk menentukan masa depan bangsa lima tahun ke depan,” katanya.

Partisipasi dari masyarakat menjadi salah satu indikator penting dalam suksesnya penyelenggaraan pemilu, dengan begitu nilai-nilai demokrasi terjaga dan terwujud pemilu yang demokratis jujur dan berkualitas.

“Sukses jalannya penyelenggaraan pemilu tidak hanya diukur dari besarnya partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak suaranya,” katanya.

Melibatkan peran serta masyarakat dalam hal pengawasan partisipatif adalah salah satu jalan membuka keterlibatan warga secara langsung dalam mengawal jalannya pesta demokrasi.

“Masyarakat adalah kunci dalam menjaga integritas pemilu, mari kita awasi jalannya pesta demokrasi, dan semoga bisa melahirkan sosok pemimpin sesuai yang kita harapkan,” ujarnya.

OMD – zamharir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Verified by ExactMetrics