Politik

DPRD Medan Sayangkan Seekor Harimau Mati di Medan Zoo

MEDAN | okemedan. Anggota Komisi III DPRD Kota Medan, Mulia Syahputra Nasution SH MH, kembali menyayangkan matinya seekor Harimau Sumatera betina bernama Nurhaliza alias Putri pada 31 Desember 2023.

Pasalnya berikut Nurhaliza, sudah ada 3 ekor Harimau di Medan Zoo yang terdiri dari 2 ekor Harimau Sumatera dan 1 ekor Harimau Benggala yang mati dalam kurun waktu dua bulan terakhir, yakni November hingga Desember 2023.

Diketahui selain Nurhaliza, Harimau Benggala bernama Avatar juga ditemukan mati di Medan Zoo pada Desember 2023. Selanjutnya atau yang ketiga, Harimau Sumatera jantan bernama Erha juga ditemukan mati di Medan Zoo pada 3 November 2023.

“Dalam waktu dua bulan saja, yaitu November dan Desember 2023, ada 3 ekor Harimau yang mati di Medan Zoo. Kejadian ini tentu sangat miris sekali bagi kita, harus ada perhatian dan tindaklanjut dari kejadian ini,” ucap Mulia, Minggu (7/1/2024).

Dikatakan politisi muda Partai Gerindra itu, matinya 3 ekor Harimau pada akhir tahun 2023 di Medan Zoo, menjadi bukti buruknya kinerja PUD Pembangunan Kota Medan selaku salah satu BUMD milik Pemko Medan dalam mengelola Medan Zoo.

“Hal ini harus menjadi perhatian bagi Badan Pengawas, segera evaluasi kinerja PUD Pembangunan. Meski saat ini di PUD Pembangunan Kota Medan tidak ada Dirut definitif, tetapi ada 3 direksi definitif lainnya yang harus ikut bertanggungjawab atas hal ini,” ujarnya.

Mulia berharap, Badan Pengawas dapat terus mendorong PUD Pembangunan untuk segera memperbaiki pengelolaan Medan Zoo. Sebab bila tidak, Medan Zoo akan terus tergerus dan dilupakan masyarakat karena tak mampu lagi bersaing dengan kebun binatang swasta yang ada di sekitar Kota Medan.

“Segera benahi pengelolaan Medan Zoo. Apakah dengan cara mencari investor atau dengan cara yang lain, intinya pengelolaan Medan Zoo harus dibenahi,” tegasnya.

Terkhusus untuk koleksi Harimau yang menjadi andalan Medan Zoo selama ini, Mulia meminta agar PUD Pembangunan dapat mencari solusi dengan berkolaborasi bersama pihak-pihak terkait.

“Sekali lagi, kita sangat menyesalkan buruknya pengelolaan Medan Zoo hingga koleksi Harimau yang menjadi satwa andalan Medan Zoo selama ini terus berkurang akibat tidak dirawat dengan baik. PUD Pembangunan Kota Medan harus segera mencari solusi, segera bekerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk selamatkan harimau-harimau di Medan Zoo,” pungkasnya.

OM-zan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Verified by ExactMetrics