Hukum

Polda Sumut Ajak Masyarakat Cegah Terorisme Tolak Radikalisme

DELISERDANG | okemedan. Personel Bidang Humas Polda Sumut melakukan sosialisasi kesadaran tentang pencegahan dan penanggulangan terorisme, radikalisme, dan intoleransi.

Inisiatif ini direalisasikan dengan pemasangan spanduk dan billboard di Jalan Wakaf Kecamatan Patumbak dan seputaran jalan Simpang Kayu Besar menuju Bandara Internasional Kuala Namu Deli Serdang.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, pencegahan dan penanggulangan terhadap bahaya terorisme, radikalisme dan intoleransi telah dijalankan secara aktif serta masif.

Upaya sosialisasi dimulai pada 8 Desember 2023, dengan seminar di Pesantren Al Mukhlisin Desa Bangun Sari Kecamatan Tanjung Morawa. Pencegahan serupa juga dilakukan jajaran Polda Sumut.

“Sementara Bidhumas Polda Sumut melanjutkan misi dengan memasang spanduk dan billboard di seputaran Kecamatan Tanjung Morawa menuju Bandara Internasional Kualanamu sebagai bagian dari pencegahan tersebut,” ujar Hadi, Kamis (4/1/2024).

Tujuan utama dari inisiatif ini adalah untuk membentuk masyarakat dan generasi muda yang terinformasi dengan baik dan kebal terhadap pengaruh intoleransi, radikalisme, dan terorisme. Hadi menyoroti faktor-faktor yang berkontribusi pada kerentanan individu terhadap ideologi-ideologi tersebut.

Dia merincikan, termasuk pemahaman agama yang tidak sempurna, kemiskinan, ketidaksetaraan sosial, putus asa, sentimen anti-demokratis, akses terbatas terhadap pendidikan, dan empati berlebihan yang dipicu oleh tren media sosial domestik.

“Tujuan kami adalah melindungi masyarakat kami dari ancaman intoleransi, radikalisme, dan terorisme,” pungkas Hadi.

OM-dedi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Verified by ExactMetrics