Madina

Hari ke 5 Longsor, Jalan Pantai Barat Madina Masih Lumpuh, Pembersihan Berlanjut

PANYABUNGAN I okemedan. Pembersihan Material tanah longsor di jalan provinsi Jembatan Merah – Simpang Gambir masih berlanjut memasuki hari ke 5. Akibat banyaknya lumpur campur bebatuan akan diangkat dari badan jalan sehingga lalu lintas masih lumpuh, Selasa (26/12/2023).

Kadis Perhubungan Pemkab Madina Adi Wardana mengatakan kenderan total belum bisa lewat. ” Dari pantauan kita pekerjaan pembersihan masih berlanjut, namun karena material longsor cukup banyak ditambah lagi adanya longsor susulan sehingga pembersihan membutuhkan waktu ekstra,” ujarnya.

Adi mengatakan bagi warga yang hendak melintas harus melalui jalur Simpang Gambir – Pasaman Barat (provinsi Sumatera Barat) atau Simpang Gambir – Danau Siais Tapanuli Selatan.

“Memang itu jarak tempuh yang cukup panjang jadinya. Dari kordinasi kita dengan Kadis PUPR Madina, maupun PUPR Kotanopan Provinsi Sumatera Utara pembersihan dengan alat berat terus dilakukan, tentu diusahakan secepatnya selesai,” ungkapnya.

Sementara Kepala UPTD Kotanopan Provinsi Sumatera Utara, Andi Hakim Matondang ST MT menjelaskan hari ke 5 pembersihan alat berat yang digunakan 1 unit Beko loader, 3 unit excavator.

“Rencana hari ini ada masuk lagi dari Pemkab Madina jadi sudah 2 unit. Sementara yang mau dibersihkan panjang mencapai ratusan meter ketebalan material longsor mencapai puluhan meter,”

“Sedangkan situasi lapangan masih terjadi hujan deras, seperti tadi malam pekerjaan dihentikan dan material bisa bertambah lagi,” terangnya.

Andi mengatakan lokasi yang terkena longsor di ruas jalan Jembatan Merah – Muara Soma pada bagian tebing jalan menutupi badan jalan di Aek Inumon I panjang 60 meter tinggi 2 meter. Di Aek Inumon II panjang 350 meter tinggi 3 – 10 meter.

“Ada 2 jembatan yang juga mengalami kerusakan parah akibat longsor tersebut. Butuh waktu dalam pembersihan dan perbaikan jembatan,” ungkap Andi Hakim.

Sebelumnya akibat tingginya curah hujan mengakibatkan terjadinya tanah longsor menimpa badan jalan provinsi Jembatan Merah – Simpang Gambir di ruas jalan Jembatan Merah – Muara Soma kabupaten Mandailing Natal, Jumat (22/12/2023) menyebabkan lalu lintas lumpuh.

OMD – zamharir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Verified by ExactMetrics