OkeBiz

Layani Kebutuhan Masyarakat Sambut Nataru, BI Sumut Siapkan Uang Kartal Rp4,45 Triliun

MEDAN I okemedan. Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Utara (BI Sumut) menyiapkan uang kartal sebesar Rp4,45 Triliun untuk melayani kebutuhan uang Rupiah kepada masyarakat menyambut Hari Besar Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Sumatera Utara, IGP Wira Kusuma dalam kegiatan Bincang Bareng Media (BBM), secara online dan offline di Cafe Srikandi Medan, Jumat (22/12/2023), menjelaskan, pemenuhan kebutuhan uang kartal
Sumatera Utara periode Nataru meningkat dari tahun sebelumnya.

Disebutkan, kebutuhan uang kartal
Sumatera Utara Periode Nataru 2022 sebesar Rp3,56 Triliun dan periode Nataru tahun 2023 naik menjadi Rp3,45 Triliun atau dengan estimasi kenaikan 25,08% (yoy).

Dia menambahkan, penyediaan kebutuhan uang Rupiah pada tahun ini juga
guna mendukung kesiapan Perbankan dalam
merealisasikan Program Bantuan Sosial dari Pemerintah diantaranya adalah bantuan sosial El Nino, bantuan pangan, PKH tahap 4, BPNT dan PIP Kemendikbud Ristek yang direncanakan pada akhir tahun 2023.

Selain itu, lanjutnya, Bank Indonesia Provinsi Sumut juga telah menyatakan kesiapannya dalam melakukan Sistem Pembayaran (SP) Non Tunai (QRIS & TP2DD).

“Upaya perluasan pengguna baru QRIS di Sumut terus berlanjut. Di mana jumlah merchant QRIS di Sumut terus meningkat,” sebutnya.

Dia mengatakan, hingga bulan November 2023, jumlah merchant QRIS di Sumut telah mencapai 117 juta merchant atau tumbuh 26 % (yoy) dengan proporsi terbesar pade segmen skala usaha mikro dengan pangsa pasar mencapai 58,80 %.

Sementara secara parsial jumlah merchant QRIS tertinggi berada di kota Medan dengan total merchant mencapai 5329 ribu (45 % dari total merchant).

“Sementara dari sisi pengguna hingga Oktober 2023 telah terdapat tambahan 785,776 pengguna baru QRIS atau 88,75 % dari target. Sehingga secara keseluruhan terdapat 2,16 juta pengguna QRIS di Sumatera Utara,” jelasnya.

OM-zan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Verified by ExactMetrics