Okedukasi

Srikandi PLN Goes to Campus: Accelerating The New Energy

MEDAN I okemedan. Dalam program kerja Srikandi PLN – Working Group “Capacity Building”yang salah satunya adalah program kerja Goes to Campus Srikandi PLN UID Sumatera Utara hadir di Kampus yang terpilih, dalam hal ini kepada 200 orang mahasiswa Fakultas Teknik USU.

Kegiatan ini untuk memberikan insight dan influence terhadap generasi muda agar percaya diri dan dapat memacu/menggerakan/mengempower diri sendiri dan lingkungan, juga sekaligus melakukan sosialisasi peran pentingnya PLN dalam Transisi Energi.

Acara yang diselenggarakan tanggal 30 November 2023 bertempat di Aula Fakultas Teknik USU ini mengusung tema Accelerating The New Energy. Tidak hanya menampilkan electrifying lifestyle lewat kendaraan listrik dan kompor induksi, booth PLN UID Sumatera Utara menyajikan game Virtual Reality yang semakin membuat pameran tersebut dikunjungi banyak mahasiswa.

Menggandeng salah satu IPP (Independent Power Producer) yakni PT Karya Mandoge Energi lewat hadirnya PLTBg Pasir Mandoge, pembangkit listrik tenaga Biogas yang memperkuat sistem kelistrikan di Sumatera Utara melalui pengolahan limbah cair (POME) dari Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PTPN IV yang sudah menjadi bagian energi ramah lingkungan di dalam sistem PLN UID Sumatera Utara sejak Agustus 2021.

Kegiatan ini dihadiri ketua Harian Umum Srikandi yang diwakili PLN EVP Konstruksi Jawa, Madura Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua – Ratnasari Sjamsudiin, Wakil Dekan 3 Fakultas Teknik USU – Ir. Nismah Panjaitan, S.T., M.T., Ph.D., IPU beserta jajarannya, Senior Manager Perencanaan – Tumpal Hutapea, Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan – Dony Adriansyah, Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum – Rizal Sirait, Manager UP3 Medan Utara – Edy Syahputra dan para Srikandi PLN.

Senior Manager Perencanaan PLN UID Sumatera Utara, Tumpal Hutapea, mengungkapkan dalam sambutannya saat ini menjadi fokus utama di PLN untuk mendorong kesetaraan gender melalui Srikandi PLN , dengan komitmen minimal 30% Srikandi harus menempati jabatan strategis dan berkontribusi dalam transisi energi.

“Kontribusi nyata Srikandi PLN ini akan terus diwujudkan demi mendukung inisiatif dan kebijakan dalam rangka memberikan hak dan kesempatan yang setara kepada pegawai wanita di PLN. Dua jajaran Direksi di PLN, satu Direktur Utama Anak Perusahaan dan beberapa jabatan strategis juga dipegang oleh Srikandi. Program Srikandi PLN diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi pegawai wanita melalui program Capacity and Character Building dan membangun karakter Srikandi yang Confidence, Anggun, Cerdas, Tangguh dan Produktif,” ungkap Tumpal.

Wakil Dekan 3 Fakultas Teknik USU, Ir. Nismah Panjaitan S.T., M.T., Ph.D., IPU, mengajak mahasiswa untuk proaktif bertanya dan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya lewat kegiatan Srikandi Goes to Campus untuk menambah wawasan mahasiswa, bukan hanya wawasan teori tetapi juga praktikal.

“Fakultas Teknik USU dan PLN akan memperpanjang MoA dan IA (Implementation Agreement). Dalam kerjasama ini bukan hanya PLN yang datang ke kampus, mudah–mudahan mahasiswa kami juga dapat kesempatan berkunjung ke PLN dan unit-unit kerja di lingkungan PLN. Besar harapan kami lewat kerjasama ini juga dapat membantu mahasiswa dalam penyusunan tugas akhir, praktek kerja lapangan dan program magang kampus merdeka yang digalakan oleh Menteri Pendidikan lewat magang selama enam bulan atau setara 20 SKS,” ujar Nismah.

Dalam sharing session Srikandi PLN Goes to Campus, hadir sebagai narasumber Srikandi PLN yaitu Ratnasari Sjamsuddin, EVP Konstruksi Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua, dan Sari Indah Damayanti, VP Strategi Organisasi sarta satu tokoh wanita, Metrini Weaver br Simatupang, seorang Environmental Policy Professional yang kini berkiprah di Environmental Protection Specialist (CORE) Washinton DC , juga seorang Founding President Batak Bule Enterprises LLC, dan berkontribusi sebagai International Multimedia Journalist di Voice Of America.

Melalui paparannya, Metrini menyampaikan materi Being Fearless on Your Global Professional Journey: a Sumatran Woman’s Perspective dimana setiap orang baik wanita ataupun pria boleh mewujudkan mimpinya, tidak takut gagal, mengoptimalkan peluang, memperkuat Networking, dan berkontribusi dalam Sustainability.

Di tempat terpisah, General Manager PLN UID Sumatera Utara, Awaluddin Hafid menyampaikan dukungan penuh terhadap program kerja Srikandi dan kerjasama PLN – Fakultas Teknik USU.

“Rangkaian acara Srikandi PLN Goes to Campus ini memberikan bukti nyata bahwa pegawai wanita di PLN percaya diri dan mampu menjadi penggerak dan berkontribusi dalam program transisi energi. Sekali lagi terima kasih atas sambutan yang meriah dari seluruh civitas akademika Fakultas Teknik USU, saya harap seluruh mahasiswa dapat mengikuti acara ini sebaik-baiknya,” ujar Awaluddin.

OM-zan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Verified by ExactMetrics