Medan

Polda Sumut Gelar Peningkatan Kemampuan Psikologi Bagi Konselor Trauma Healing

MEDAN | okemedan. Polda Sumut menggelar kegiatan peningkatan kemampuan psikologi bagi konselor trauma healing dan pemberian layanan psikologi berupa support-PSI tahun 2023.

Kegiatan yang digelar selama dua hari pada 30 November-1 Desember 2023 itu dibuka Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi bertempat di Hotel Wings, Kabupaten Deliserdang.

Kapoldasu mengatakan, kegiatan peningkatan kemampuan psikologi bagi konselor trauma healing merupakan bagian dari program prioritas Kapolri sebagai bentuk transformasi organisasi yang ke 3 menjadikan SDM Polri unggul di era Police 4.0.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Karopsi SSDM Polri dan tim yang telah menyelenggarakan kegiatan ini di Polda Sumut,” katanya, Jumat (1/12/2023).

Agung mengungkapkan, Polda Sumut saat ini memiliki 182 konselor psikologi ada di seluruh jajaran. Tujuan digelarnya kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan psikologi bagi konselor trauma healing untuk membantu mengelola tekanan-tekanan atau stresor bagi anggota Polri tersebut.

“Oleh karena itu kegiatan ini sangat penting agar para konselor dapat mencairkan solusi dan meminimalisir permasalahan yang dihadapi personel Polda Sumut karena beban tugas yang sangat berat,” ungkapnya.

“Juga, kemampuan ini sangat bermanfaat dalam kegiatan untuk membantu memulihkan gangguan psikologi masyarakat akibat traumatis atau ketakutan di masa lalu yang dialami. Seperti mengalami peristiwa bencana alam atau anak-anak mengalami kekerasan,” ujar mantan Asops Kapolri tersebut.

Agung berharap, setelah digelarnya kegiatan ini dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas konselor psikologi agar pelayanan kesehatan mental kepada personel maupun masyarakat yang membutuhkan dapat berjalan baik dan optimal.

OM-dedi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Verified by ExactMetrics