Langkat

Pemkab Langkat Terus Kembangkan Sektor UMKM

LANGKAT | okemedan. Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin SH diwakilkan oleh Sekdakab Langkat H.Amril, S.Sos, M.AP pada apel gabungan Aparatur Sipil Negara, di lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat, Senin (20/11) mengatakan,salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat adalah melalui penguatan koperasi serta peningkatan kompetensi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah ( UMKM ).

Oleh karenanya koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia harus didorong untuk terus melakukan modernisasi agar dapat memberikan dampak positif secara maksimal di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

“Berdasarkan catatan Pemerintah Kabupaten Langkat mediu Tahun 2022 bahwa terdapat 666 lembaga koperasi yang ada, namun yang dinilai sehat dan aktif tidak sampai setengahnya dari angka tersebut,” ungkap Sekdakab Langkat.

“Hal ini tentu menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah Kabupaten Langkat untuk terus melakukan motivasi serta pembinaan yang kuat agar koperasi dapat terus eksis memberikan pemanfaatan di tengah-tengah masyarakat,” sambungnya berharap.

Dijelaskan Sekda Amril, bahwa saat ini lebih dari 43 ribu pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Langkat baik sektor kuliner maupun sektor lainnya perlu dikembangkan agar mereka dapat naik kelas dari usaha mikro menjadi usaha kecil yang berlanjut pada usaha menengah hingga industrialisasi.

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Langkat dengan anggaran terbatas tetap berkomitmen memberikan fasilitas dan pendampingan bagi koperasi dan UMKM di Kabupaten Langkat agar menuju koperasi modernĀ  dan UMKM naik kela. Baik melalui program pemahaman perkoperasian maupun pemberdayaan kemitraan usaha mikro serta fasilitas pengembangan produksi pemasaran serta sumber daya manusia.

.OMD – hm.ilyas

 

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Verified by ExactMetrics