Politik

Golkar dan PAN Resmi Dukung Prabowo Capres 2024

PPP: Koalisi Indonesia Bersatu Otomatis Bubar

BALI | okemedan. Empat partai besar yakni Golkar, PAN, PKB dan Geridra hari ini resmi mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal calon Presiden 2024. Hadir dalam deklarasi dalam memberikan dukungan kepada calon Presiden (Capres) 2024, Prabowo Subianto, diantaranya Erlangga Hartanto Ketua Umum Partai Golkar, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan dan Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Dilihat dari tvone, dalam dukunganya, Ketua Umum Partai Galkor, Erlangga Hartarto mengatakan jika keputusan Partai Golkar mendukung Prabowo Subianto menjadi Calon Presiden 2024 karena memiliki visi dan misi yang sama.

“Oleh karena itu sekali lagi perjalanan ke depan masih ada banyak hal yang perlu kita bicarakan tetapi di hari Minggu ini merupakan momen bersejarah karena empat partai mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024.” Selain itu, berlabuhnya Golkar karena komunikasi keempat partai besar yang mendukung Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden 2024 sangat baik selama ini.

Hal yang sama juga diungkapkan Ketua Umum Partai Amanat Nasiona (PAN), Zulkifli Hasan, menurutnya PAN dengan segenap hati akan mendukung Prabowo Subianto. “Memeberikan dukungan Calon Presiden 2024 kepada Jendral Prabowo subianto,” ungkap Zulhas dalam pembacaan dukungan kepada Capres 2024 Prabowo Subianto.

Mengenai dukungan ini, Prabowo mengaku sangat terharu. Dalam pidatonya soal deklarasi dukungan PAN, Partai Golkar, dan PKB yang digelar di Museum Perumusan Naskah Proklamasi (Munasprok), Jakarta, Prabowo mengaku suatu kehormatan mendapat kepercayaan dari partai-partai besar.

“Saya merasa sangat terharu, sangat dibesarkan hati saya dengan kepercayaan yang begitu besar, dari partai yang besar dan bersejarah ini,” ucap Prabowo dalam pidatonya di Munasprok, Jakarta, Minggu (13/8).

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menegaskan posisi partai-partai koalisinya sebagai bagian dari tim pemerintahan Presiden Jokowi. Partai-partai koalisi itu adalah Gerindra, PKB, Golkar dan PAN.

“Kita di sini juga tidak malu-malu mengatakan bahwa kita adalah bagian dari tim dari pemerintahan yang dipimpin oleh bapak insinyur haji Joko Widodo,” kata Prabowo di podium .

“Kita bagian daripada tim Jokowi yang harus berani menyatakan berhasil dalam membawa bangsa dan negara ini sampai sekarang,” imbuhnya.

Prabowo juga menjelaskan posisi Presiden Jokowi dalam konstelasi politik jelang Pemilu 2024. Termasuk soal arah koalisi partai.

Dia lantas mengingat kembali langkah politik Perindo. Prabowo mengatakan Perindo pernah mendatanginya dan menyatakan mendukungnya. Namun, di kemudian hari Perindo berubah haluan politik.
Dalam perkembangan lain,PPP menyebut hari ini pula Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang sebelumnya diisi tiga partai bubar.

“Dengan adanya dukungan resmi PAN dan Partai Golkar ke Pak Prabowo hari ini, otomatis hari ini pula lah ‘peresmian’ bubarnya KIB alias goodbye KIB,” kata Ketua Majelis Pertimbangan Partai PPP Romahurmuziy (Rommy) dikonfirmasi, Minggu (13/8/2023).

Rommy menyebut dari awal ia sudah menyampaikan potensi KIB bubar lantaran PPP sudah memberikan dukungan ke Ganjar Pranowo. Anggota KIB, Golkar dan PAN pun kini resmi memberikan dukungan yang berbeda dari pilihan PPP.

“Dari awal saya sampaikan bahwa KIB auto-bubar manakala partai-partai anggotanya semua sudah menyatakan dukungan resmi yang berbeda kepada capres tertentu,” ujar Rommy.

OM- nta, tvone, cnnindonesia, detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Verified by ExactMetrics