Tebingtinggi

Cek Kesiapan Jalan Tol Tebingtinggi, Kapolda Sumut Prediksi Arus Mudik Meningkat

TEBINGTINGGI | okemedan. Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, bersama sejumlah pejabat utama (PJU) mengecek kesiapan Jalan Tol Tebingtinggi, Senin (10/4/2023).

Pengecekan dalam rangka kesiapan Polres Tebingtinggi dan pengelola Jalan Tol dalam menghadapi arus mudik lebaran 1444 Hijriah.

Setibanya di Mapolres Tebingtinggi, Kapolda Sumut beserta Pj Wali Kota Tebingtinggi, Kapolres Tebingtinggi dan pengelola jalan tol langsung mengelar rapat kesiapan Operasi Ketupat Toba 2023.

“Arus mudik lebaran tahun ini diprediksikan akan lebih tinggi dari tahun yang lalu. Hal ini perlu kita antisipasi. Lakukan pembatasan bagi kendaraan pengangkut non sembako pada H-7, lakukan koordinasi dan kesepakatan kepada pengusaha,” kata Panca.

Kapoldasu menekankan, apabila terjadi kemacetan panjang menuju arah Siantar segera dibuka pintu Tol Sinaksak. Pengelola Jalan Tol diminta untuk merapikan jalan yang masih tanah agar nantinya dapat dilewati mobil-mobil kecil.

“Saya juga minta agar jalan nasional maupun jalan provinsi diperbaiki semua, sehingga tidak ada kemacetan yang ditimbulkan oleh rusaknya jalan,” ujarnya.

Pada pintu Tol Dolok Merawan juga diminta nantinya lakukan rekayasa lalu lintas.

“Juga minta kepada seluruh pihak untuk mempersiapkan pos-pos pantau di sepanjang Jalan Tol guna antisipasi daerah-daerah rawan. Diharapkan tanggal 15 April jalan tol sudah rampung dan dapat dibuka,” harap Panca.

Dia mengingatkan personel untuk mematuhi cara bertindak di lapangan dalam menghadapi arus mudik lebaran ini.

“Diharapkan dua ruas Tol Sinaksak-Dolok Merawan dan Tol Indrapura segera digunakan secara fungsional sebagai jalur alternatif guna mengurangi kemacetan pada saat arus mudik dan arus balik pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H,” tuturnya.

Sementara, pihak pengelola Jalan Tol menyampaikan, sesuai dengan instruksi direksi akan menambah jalur pintu keluar pada jalan tol serta membuka loket top up sehingga masyarakat yang kehabisan saldo bisa melakukan top up di rest area.

Pada kesempatan itu, Pj Wali Kota Tebingtinggi, M Dimiyathi menerangkan, ketersediaan stok pangan masih mencukupi untuk kebutuhan masyarakat di Kota Tebingtinggi.

“Minggu ini Kota Tebingtinggi mengalami penurunan harga komoditas sembako yang cukup signifikan. Kebutuhan masyarakat atas sembako relatif stabil dan tidak ada kendala,” pungkasnya.

OM-dedi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Verified by ExactMetrics