OkeSport

Total Voetball yang Telah Menyeberang

Analisis: KIshan Raj

Pelatih tertua Piala Dunia sekali ini, Louis Van Gaal, usia 71 tahun akan beradu taktik dengan Lionel Scaloni, pelatih termuda Argentina usia 44 tahun.

Ini adalah kali ketiga LVG menangani timnas Belanda, tidak terkalahkan dalam 19 pertandingan sejak ia mengambil alih kursi kepelatihan bulan Agustus  2021.

Prestasi terbaiknya adalah peringkat ketiga Piala Dunia Brasil 2014.

Sulit memprediksi hasil duel tim Oranye dengan tim Tango, keduanya memiliki kekuatan yang relatif sama, dengan hanya satu pembeda La Pulga, Messi.

Masih terlekat dalam benak LVG saat timnya dikalahkan dalam drama adu penalti laga semifinal Piala Dunia 2014.

Tak ayal, laga kontra Argentina seolah menjadi misi balas dendam dengan apa yang terjadi delapan tahun lalu. Masih ada empat pemain sama yang tersisa yaitu, Messi, Daley Blind, Memphis Depay serta Stefan de Vrij.

Jangan berharap pertandingan akan diwarnai oleh ala Total Voetball Tim Oranye, bagi LVG itu produk masa lalu. Ia memilih permainan pragmatis. Total Voetball yang berorientasi pertahanan dengan skema 3-4-1-2. LVG memegang prinsip bakunya, tiga pemain kreatif dengan delapan pemain yang loyal.

Catatan sejarah mencatat bahwa Argentina menang di laga penting lawan Belanda lewat perpanjang waktu baik di final 1978 maupun semifinal 2014.

Belanda sendiri pernah memulangkan Argentina saat bertemu di perempat final Piala Dunia 1998 lewat gol menit terakhir Dennis Bergkamp, non flying Dutchman.

Semua tim memang tidak bisa memilih lawan tandingnya di fase babak gugur namun akan ada rasa mimpi buruk dari hasil pertandingan Arg vs Belanda, apakah ini akan menjadi petualangan terakhir Messi atau LVG di ajang Piala Dunia.

Mimpi Messi meraih Piala Dunia akan padam. LVG adalah salah satu pelatih hebat dalam meramu taktik dan skema bermain walau kadang permainannya agak membosankan bukan menghibur ala Total Voetball yang kita rindukan.

Jangan remehkan Scaloni, Pablo Aimar, Roberto Ayala serta Walter Samuel dalam menangani Tim Tango, prestasi mereka adalah juara Copa 2021.*

Kishan Raj, pencinta sepakbola

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button