MedanOkeSport

Bonas Cup 2022 Digelar di 5 Daerah, Bangkitkan Sepak Bola Sumut

* Perebutkan Total Hadiah Rp3 Miliar

MEDAN I okemedan. Kompetisi sepak bola Bobby Nasution (Bonas) Cup 2022 resmi diluncurkan, Selasa (28/6/2022) malam. Perhelatan akbar sepak bola ini akan digelar pada 3 Agustus 2022, memperebutkan total hadiah Rp3 Miliar.

Ketua Panitia Bonas Cup 2022, Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi Sekretaris Ade Jona Prasetyo, Bendahara Samuel Nababan, mantan pemain nasional Edy Juanda dan Komisi Pertandingan Fadli Hariri, dalam jumpa persnya di Cambridge Plaza Medan, mengatakan, Bonas Cup 2022 akan digelar di 5 daerah, yakni Labuhanbatu (Stadion Binaraga), Soposurung Balige (Toba), Padangsidimpuan, Serdangbedagai dan Kota Medan (Stadion Teladan/USU).

Untuk pembukaannya dilaksanakan di Stadion Binaraga Labuhanbatu, dengan menghadirkan artis ibukota Judika.

Ketua Panitia Bonas Cup 2022,  Baktiar Ahmad Sibarani menjelaskan kepada wartawan tentang teknis pelaksanaan Bonas Cup 2022. OM-zan

“Semua gratis, tidak ada dikenakan tiket masuk,” kata mantan Bupati Tapanuli Tengah ini.

Dia menambahkan, untuk para club tidak ada batasan, baik amatir maupun profesional baik dari Sumatera Utara, maupun club dari provinsi lain. “Kalau ada club dari luar negeri pun boleh. Kita juga sedang berjalan dan mengundang Persis Solo, Aceh, Persija, Persib Bandung dan Kaltim, ” jelasnya.

Dia menyebutkan, Bonas Cup 2022 digagas oleh Bobby Nasution dengan latar belakang karena keprihatinan dan kecintaannya terhadap sepak bola di Sumatera Utara.

“Sebagai putera daerah, Bobby Nasution menggagas Bonas Cup 2022 ini atas keprihatinannya terhadap sepak bola di Sumut ditambah lagi adanya pandemi selama 2 tahun sehingga terhambat untuk melakukan aktivitas seperti pelaksanaan pertandingan,” ujarnya.

Bakhtiar Ahmad Sibarani juga menyebutkan, Bonas Cup diselenggarakan tidak hanya tahun ini, tetapi akan berlanjut di tahun berikutnya.

“Sepakbola dihidupkan kembali karena pandemi 2 tahun yang membuat banyak kegiatan terhambat. Ide ini sudah lama dipikirkannya agar bisa sepakbola Sumut bisa bangkit kembali,” kata dia.

Disinggung kenapa diselenggarakan di 5 daerah, Baktiar Ahmad Sibarani mengatakan, selain membangkitkan serta menggairahkan kecintaan masyarakat terhadap sepak bola Sumut dan melahirkan bibit pesepakbola, juga itu untuk membangkitkan ekonomi bagi masyarakat di daerah yang menjadi lokasi pertandingan.

“Tentu dengan begitu masyarakat hadir untuk menyaksikan pertandingan apalagi diikuti tim dari club sepak bola nasional yang bertanding baik di liga 1 dan 2. UMKM hadir di sana, otomatis geliat ekonomi bangkit dan berdampak baik bagi ekonomi kita,” tuturnya seraya menekankan bahwa kompetisi ini tidak ada kaitan dan jangan dihubungkan dengan politik.

“Ini murni untuk olah raga dan sepak bola Sumut yang sekarang ini sudah bagus, tapi kita baguskan lagi. Kalau ada orang lain atau pengusaha baik di Sumut atau dimana saja yang juga orang Sumut mau buat kompetisi sepak bola, kita sangat dukung. Mari kita bersaing untuk menghidupkan olahraga dan sepakbola di Sumut,” ujarnya.

Komisi Pertandingan Fadli Hariri menambahkan, untuk kompetisi Bonas Cup 2022 tidak ada batasan usia dan pemain profesional juga boleh ikutserta.

“Wasit akan kita hadirkan dari PSSI agar permainan fair dan berkualitas. Mengenai mekanismenya apakah bentuk grup setengah kompetisi dan 16 besar serta seterusnya, tergantung banyaknya club yang ikut,” jelasnya.

Sementara itu mantan pemain nasional, Edu Juanda menyambut baik terselenggaranya Bonas Cup 2022 ini.

“Saya berharap dengan adanya turnamen Bonas Cup ini akan muncul bibit sepakbola di Sumut. Harapan saya juga Bonas Cup terus digulirkan agar juga muncul kompetisi lainnya demi sepak bola Sumut,” kata Edu Juanda.

OM-zan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button