OkeSport

Timnas Kalah, Ini Komentar Pelatih Vietnam dan Indonesia

Shin Tae-yong Keluhkan Wasit

PHU THO | okemedan. Vietnam berhasil menghajar Indonesia 3-0 di matchday pertama Grup A SEA Games 2021. Pelatih Vietnam Park Hang-seo cukup puas dengan kerja keras yang ditunjukkan para pemainnya.

Vietnam U-23 tampil mendominasi dalam laga yang digelar di Viet Tri Stadium, Jumat (6/5/2022) malam WIB. Tuan rumah mencatatkan sembilan shot on goal dari 18 tembakan yang dilancarkan.

Dari semua itu, ada tiga yang sukses bersarang di gawang Indonesia yang dijaga oleh Muhammad Adi Satryo, yakni lewat Nguyen Tien Linh di menit ke-54, Do Hung Dung di menit ke-74, dan Le Van Do di menit ke-87.

Usai laga, Park memuji penampilan anak asuhnya yang tetap fokus selama 90 menit plus injury time. Meski demikian, ia mengakui kemenangan itu tidaklah sempurna, da masih bisa diperbaiki.

“Laga pertama tak pernah mudah. Namun seluruh pemain bekerja keras untuk meraih hasil bagus. Ini hadiah untuk fans yang selalu mendukung kami. Jelas perjalanan ini lebih penting dari hasil, jadi kami akan mencoba bekerja keras lagi di laga berikutnya,” ujar Park usai laga, dikutip The Thao 247.

“Indonesia jelas kelelahan di pertengahan babak kedua. Di babak pertama, kami bermain sangat fokus, di babak kedua saya meminta para pemain menjaga level konsentrasi. Kami membuat perubahan taktis.”

“(Nguyen) Van Tung adalah striker yang bagus, tapi masih kurang berpengalaman, jadi saya memasukkan Nham Manh Dung. Sedangkan untuk (Le) Van Xuan dan (Le) Van Do, mereka adalah full-back dan sudah terlatih untuk bertukar posisi.”

“Secara umum, perubahan yang saya lakukan berhasil. Namun saya masih merasa ada sejumlah kesalahan individu. Seluruh tim masih harus memperbaiki diri,” jelasnya.

Selanjutnya, Vietnam akan menghadapi Filipina pada Minggu, 8 Mei pukul 19.00 WIB. Filipina sebelumnya sudah menggulung Timor Leste 4-0, beberapa jam sebelum Indonesia vs Vietnam. Park bertekad mengamankan kemenangan kedua.

“Calon lawan kami juga bermain di hari yang sama dengan kami, jadi waktu istirahat mereka juga sama. Pelatih mereka ingin memberi kami kejutan, tapi kami tak akan biarkan hal itu terjadi,” tegas Park seperti dilansir detiksport.com, Sabtu (7/5/2022).

Shin Tae-yong keluhkan wasit

Pelatih Garuda Muda, Shin Tae-yong memprotes keputusan wasit yang dinilai terlalu lunak kepada tuan rumah.

“Tak banyak yang bisa saya katakan setelah kekalahan 0-3 seperti ini. Selamat untuk Vietnam atas kemenangannya,” ujar Shin dalam jumpa pers, dikutip The Thao 247.

“Namun perlu diingat juga bahwa Vietnam membuat tiga offside yang jelas, namun diabaikan wasit. Ini membuat Indonesia kehilangan kesempatan untuk mencetak gol,” sambungnya, tanpa dijelaskan lebih rinci momen mana yang dimaksud.

Hasil ini membuat Indonesia berada di urutan empat klasemen Grup A dengan nol poin, hanya unggul selisih gol dari Timor Leste sang juru kunci yang beberapa jam sebelumnya dihajar Filipina 0-4.

Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Timor Leste pada Selasa (10/5) pukul 19.00 WIB. Kemenangan wajib diraih demi menjaga kans lolos ke semifinal. **

OM – nta

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button