Okedukasi

Fakultas Agro Teknologi UNPRI – FP USU Teken MoA Bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi

MEDAN I okemedan. Fakultas Agro Teknologi Universitas Prima Indonesia dan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara menandatangani nota perjanjian kerja sama atau Memorandum of Agreement (MoA) dalam implementansi Tri Darma Perguruan Tinggi.

Nota perjanjian tersebut ditandatangani Wakil Dekan I Fakultas Agro Teknologi UNPRI Suratni Afrianti ST MSi, dan Dekan Fakultas Pertanian USU Dr Ir Tavi Supriana MS.

“Penandatangan MoA ini merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) yang telah kami lakukan beberapa waktu lalu,” kata Wakil Dekan I Fakultas Agro Teknologi UNPRI Suratni Afrianti ST MSi, Sabtu (30/4/2022).

Menurut Suratni, kerja sama antar perguruan tinggi merupakan suatu keharusan untuk memacu pelaksanaan tri darma perguruan tinggi. Apalagi, kini semua perguruan tinggi di dunia berlomba-lomba menggalang kerja sama.

Penandatangan MoA dilakukan di Gedung DH Penny Fakultas Pertanian USU, Kamis (28/4/2022).

Hadir menyaksikan penandatangan tersebut dari pihak Fakultas Agro Teknologi UNPRI yakni Kaprodi Agribisnis Nur Ariyani Agustina SST MSi, Koordinator Penelitian dan Kerjasama Julaili Irni Ssi MSi. Sedangkan dari USU hadir Wakil Dekan 3 Prof Dr Ir Elisa Julianti MSi, Kaprodi Agroekoteknologi Dr Ir Nini Rahmawati MP.

Suratni menuturkan, kerjasama ini tujuannya untuk mengimplementasikan tri dharma perguruan tinggi, diantaranya di bidang pendidikan sebagai narasumber webinar, lokakarya, seminar.

Selain itu, melakukan kolaborasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bersama serta mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Suratni meyakini, kerja sama antara Fakultas Agro Teknologi UNPRI dan Fakultas Pertanian USU segera menghasilkan kegiatan-kegiatan dalam rangka implementasi terhadap tri darma perguruan tinggi.

Ia menilai Fakultas Pertanian USU sangat layak menjadi mitra kerja sama bagi Fakultas Agro Teknologi UNPRI. Ia pun mengundang dekan FP USU dan lainnya mengunjungi kampus UNPRI dalam rangka mengimplementasikan MoA yang sudah ditandatangani itu.

Menyikapi hal tersebut, Dekan Fakultas Pertanian USU Dr Ir Tavi Supriana MS menyebut pihaknya akan melaksanakan isi yang termaktub dalam MoA. Terkait kolaborasi penelitian, ia menyatakan USU menyambut baik.

“Kami juga ingin kedua belah pihak melakukan riset bersama. Begitu juga dengan pengabdian masyarakat, jangan hanya perjanjian tertulis, tapi harus segera diimplementasikan,” pungkasnya.

Hal senada juga diungkapkan Rektor UNPRI Prof Dr Chrismis Novalinda Ginting MKes. Dia menyebutkan, pihaknya menyambut baik dan mendukung kerjasama tersebut, dengan harapan kedepannya bersinergi bersama antara Fakultas Agro Teknologi UNPRI dengan Fakultas Pertanian USU, dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Sumatera Utara, khususnya di Medan.

Sementara di tempat terpisah Ketua BPH UNPRI Dr Tommy Leonard SH MKn, Minggu (1/5) menyatakan, pihaknya mendukung kerjasama tersebut.

Menurut Tommy Leonard, dengan kerjasama ini dapat memperluas kemitraan dalam rangka penyelenggaraan seperti bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. “Semoga kerjasama ini bermanfaat bagi mahasiswa UNPRI,” kata doktor muda ini.

OM-zan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button