OkeBiz

Cari Souvenir Keren Khas Sumatera Utara? Kemari Saja!

MEDAN | okemedan. Sumatera Utara dengan ibu kotanya Medan terkenal dengan beragam kebudayaan dan  tempat wisata yang indah. Tak heran banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara datang setiap tahunnya  ke Sumut.

Sama seperti daerah lain seperti Bali dan Yogyakarta, setiap wisatawan yang datang ke Sumut pasti berbelanja oleh-oleh khas daerah tujuan wisatanya tersebut.

Di Kota Medan sendiri ada tempat untuk berburu souvenir khas Sumut yang sudah terkenal karena menyediakan souvenir oleh-oleh paling lengkap dan juga menarik namanya Jegez Gallery Etnik.

Jegez Gallery beralamat di Jl. Setia Budi No. 370 Tj. Sari, Kec. Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara.

Jegez Gallery merupakan pusat penjualan oleh-oleh khas Sumut dan produk yang dijual berisikan kebudayaan etnis di Sumut seperti paling utama dari Batak dan Melayu.

Owner Jegez Gallery Etnik, Margaretha Silalahi mengatakan, awalnya dia hanya menjual kaos yang bergambarkan tentang kebudayaan di Sumut.

“Dulu saya lama tinggal di Yogyakarta dan memang bermain di baju seperti kaos dan batik. Dan setelah menikah saya pindah ke Medan. Di sini saya mikir kenapa Medan tidak punya ciri khas. Nah dari situ saya punya ide untuk membuat kaos khas Sumut. Apalagi saya memang sangat menyukai kebudayaan,” ujar Margaretha , beberapa waktu lalu.

Wanita yang biasa disapa Etha ini melanjutkan, di Jegez Gallery banyak menampilkan produk tentang budaya Sumut dan dituangkan dalam sebuah kaos serta pernak-pernik lainnya.

“Seperti ada Danau Toba, Istana Maimun, Mesjid Raya, Ulos, Rumah Adat Batak, Melayu dan kebudayaan Sumut lainnya saya tampilkan di sebuah kaos. Dan ini sangat disukai oleh wisatawan yang datang ke Sumut pasti akan singgah ke toko saya ini,” kata wanita berusia 50 tahun itu.

Souvenir rumah adat dan menara air PDAM khas Medan.

Jegez Gallery merupakan salah satu rekomendasi toko souvenir yang memuaskan. Di Jegez Gallery ini, kalian bisa memilih souvenir untuk diberikan untuk keluarga, teman yang memiliki ciri khas Medan.

“Berbagai macam souvenir yang di jual di toko ini, selain kaos ada souvenir unik, handycraft, kopi Sumatera, kacang Sihobuk, ikan teri, ulos hingga kain tenun tersedia lengkap di Jegez Gallery ini,” sebut Etha.

Etha menyebutkan, penjualan souvenir di Jegez Gallery sempat mengalami penurunan akibat pandemi COVID-19. Akibat COVID semua daerah termasuk di Sumut tidak memperbolehkan wisatawan untuk datang ke tempat wisata.

“Toko saya kan berharap memang sama wisatawan yang datang. Jika mereka datang pasti ramai beli di sini. Saat COVID-19 sudah pasti sepi anjlok hampir 100 persen. Ini mulaÌ merangkak naiklah penjualan,” kata Etha.

Untuk harga-harga souvenir di Jegez Gallery sendiri masih tergolong murah. Sebagai contoh Untuk kaos hanya Rp90 ribuan. Jika ukuran besar paling besar Rp100 ribu. Sedangkan kaos untuk anak-anak hanya Rp50 ribuan.

OM – wir, nta

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button