Okedukasi

Cek Nama, USU Terima 2.889 Mahasiswa Baru dari Jalur SMM

MEDAN I okemedan. Universitas Sumatera Utara (USU) menerima 2.889 mahasiswa baru TA 2021/2022 dari jalur Seleksi Mahasiswa Mandiri (SMM), dimana ujiannya diselenggarakan pada tanggal 4-9 Juli 2021 lalu.

Pengumuman nama para peserta SMM yang lulus dimuat pada laman http://pengumuman.usu.ac.id/smm2021, Sabtu (17/7/2021) malam.

Hal tersebut dipaparkan Rektor USU Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si, melalui Kepala Kantor Humas, Protokoler dan Promosi USU Amalia Meutia, M Psi, Psikolog, kepada media, Minggu (18/7/2021).

Ditambahkan Rektor, 2.889 mahasiswa yang lulus tersebut merupakan bagian dari 8.999 peserta SMM yang mengikuti seleksi pada tahun ini, terdiri dari 4.654 peserta kelompok ujian IPA, 3498 peserta kelompok ujian IPS dan 847 peserta kelompok ujian IPC.

Adapun hasil ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Diploma (SPMPD) akan diumumkan pada tanggal 22 Juli 2021 mendatang.

SPMPD merupakan jalur terakhir yang bisa digunakan oleh para alumni SMA/SMK untuk menjadi mahasiswa USU pada Tahun Akademik 2021/2022 yang proses perkualiahannya akan dimulai Agustus nanti.

Secara terpisah, Wakil Rektor I USU Dr Edy Ikhsan SH MA, juga menyampaikan bahwa pada tahun 2021 ini program studi yang menjadi favorit para peserta ujian masih relatif sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Untuk kelompok ujian IPA prodi favorit adalah Ilmu Kesehatan Masyarakat (1.458), Pendidikan Dokter (1.310) dan Teknologi Informasi (1.230). Sementara kelompok ujian IPS, prodi favorit adalah Ilmu Hukum (2.138), Manajemen (1.767) dan Psikologi (1.134).

Mengingat situasi pandemi Covid-19 yang masih belum mereda serta mengacu kepada kebijakan pemerintah yang belum memberikan lampu hijau untuk kuliah tatap muka, maka USU juga belum bisa memastikan kapan kuliah luring/tatap muka akan digelar.

“Untuk sementara ini karena situasi belum kondusif, dan sejalan dengan kebijakan yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, kita masih akan memberlakukan kuliah daring. Namun kalau kebijakan berubah dan pemerintah sudah membolehkan kuliah tatap muka, USU siap melaksanakannya,” kata Rektor.

Kahumas USU Amalia Meutia menambahkan, bagi para peserta SMM yang telah dinyatakan lulus dapat melakukan registrasi dan submit berkas secara online pada tanggal 19 hingga 23 Juli 2021, melalui laman http://registrasi.usu.ac.id.

Sementara untuk pengiriman berkas registrasi melalui Pos juga pada tanggal yang sama yakni 19 hingga 23 Juli 2021 dan dialamatkan ke Biro Akademik Universitas Sumatera Utara Jl dr T Mansur no 9 Medan.

Amalia mengimbau kepada seluruh peserta SMM yang telah lulus untuk membaca dan memerhatikan dengan cermat seluruh prosedur pendaftaran yang termuat pada laman http://registrasi.usu.ac.id.
.
“Kami berharap agar seluruh peserta SMM yang lulus dapat menaati seluruh jadwal yang tertera dengan baik. Jangan sampai terlambat karena hal itu akan mempengaruhi kelulusan peserta yang bersangkutan, di mana status lulusnya dapat dibatalkan,” pungkas Amalia.

OM-zan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button