Okedukasi

FKIP UISU Sebar KKN-PM Mahasiswa di 4 Provinsi

MEDAN | okemedan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UISU melepas 118 mahasiswa yang akan melaksanakan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Mahasiswa (KKN-PM) tahun 2021 di 4 Provinsi dan 29 Kabupaten/Kota hingga 15 Juni mendatang.

Pelepasan itu dilaksanakan secara daring dan luring yang ditandai dengan pemotongan pita oleh Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP di halaman Biro FKIP UISU Jalan SM Raja Medan Jumat pekan lalu (9/4/2021).

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua LPKM UISU Dr. Rahmat Setia Budi, Dekan FKIP UISU Prof Hasrita Lubis MPd beserta Wakil-wakil Dekan, Ketua Program Studi dan perwakilan mahasiswa FKIP UISU.

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan KKN=PM mahasiswa FKIP tahun 2021 ini yang mendistribusikan kegiatan KKN di 4 provinsi, 29 Kabupaten/kota dan 69 Kecamatan.

Rektor menjelaskan bahwa kegiatan KKN-PM pada dasarnya adalah kegiatan pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat yang harus diikuti mahasiswa sebagai bagian dari tuntutan dan kewajiban akademik mahasiswa yang akan menyelesaikan studinya.

Namun, Rektor mengingatkan bahwa selain dari tuntutan proses pembelajaran dan akademik secara personal, KKN -PM juga harus mengemban tuntutan dan misi institusi.

Maksudnya, KKN-PM juga mengandung misi institusi dimana mahasiswa memiliki kewajiban untuk menyamapaikan tentang keberadaan UISU kepada masyarakat luas.

“Mahasiswa adalah duta UISU untuk menyampaikan tentang misi UISU, dan perkembangan mengenai UISU kepada masyarakat,” ujar Rektor.

Selain itu, Rektor juga berharap bahwa kegiatan KKN-PM tidak hanya sebatas memenuhi kebutuhan personal tetapi juga memperhatikan output yang dicapai secara kolektif. Salah satunya dalam bentuk tulisan atau jurnal dan sosialisasi mengenai perkembangan UISU ke masyarakat luas serta bagaimana mahasiswa bisa menyampaikan gagasan kepada masyarakat dan mengimplementasikannya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UISU mengingatkan kepada mahasiswa yang akan melaksanakan KKN-PM untuk terus menjalin komunikasi yang intens sesame rekan yang melaksanakan KKN-PM dan komunikasi dengan Dosen Pembimbing Lapangan yang telah ditentukan.

Sementara itu, Dekan FKIP UISU Dr Hasrita Lubis, MPd pada kesempatan yang sama menjelaskan bahwa pelaksanaan KKN-PM 118 mahasiswa FKIP dilaksanakan secara perseorangan sesuai dengan daerah masing-masing. Dalam praktinya nanti, mahasiswa akan menyesuaikan program dan kegiatannya sesuai dengan daerah masing-masing.

Pihaknya mengingatkan agar mahasiswa UISU tetap menjaga nama baik almamater dengan menjaga prilaku yang baik ditengah-tengah masyarakat sesuai dengan visi dan misi UISU.

Dikatakannya, pelaksanaan KKN-PM yang bertepatan dengan bulan Ramadhan memberikan peluang kepada mahasiswa untuk ikut aktif dan terlibat dalam berbagai kegiatan keagamaan di tengah-tengah masyarakat.

OM-zan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button