Medan

Kahiyang Ayu : PKK Sebuah Gerakan Menginisiasi Keluarga Menuju Kehidupan yang Lebih Baik

MEDAN | okemedan. Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu Muhammad Bobby Afif Nasution mengatakan PKK bukan semata melibatkan keluarga sebagai objek sasaran pemerintah, tetapi gerakan yang menginisiasi keluarga melakuka perubahan menuju kehidupan yang lebih baik.

“Makna lainya ialah gerakan PKK bukan semata melibatkan keluarga sebagai objek atau sasaran pemerintah akan tetapi sebuah gerakan yang mampu menginisiasi keluarga-keluarga Indonesia melakukan perubahan menuju kehidupan masyarakat yang lebih baik sebagaimana tujuan pembangunan nasional,” ujarnya Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke 49 Kota Medan Tahun 2021dengan tema “Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju”, di Gedung PKK Kota Medan, jalan Rotan, Kec. Medan Petisah, Kamis (8/4/2021).

Peringatan HKG ini turut dihadiri langsung oleh Ketua TP PKK Kota Medan, Ny. Kahiyang Ayu Muhammad Bobby Afif Nasution, Wakil Ketua I TP PKK Kota Medan, Ny. Shaula Arindianti Aulia Rachman, Wakil Ketua II TP PKK Kota Medan, Ny. Ismiralda Wiriya Alrahman beserta unsur pengurus lainya. Selain itu hadir juga perwakilan dari Persit KCK Kodim 0201/BS dan Bhayangkari Polrestabes Medan, Pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan beserta Camat sekota Medan.

Dia mengatakan, sekarang ini gerakan PKK semakin berkembang dengan program-programnya yang turut menjadi solusi mengatasi permasalahan bangsa.

Apalagi sejak merebaknya pandemi covid-19, kader PKK telah aktif melakukan kampanye protokol kesehatan dengan gerakan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) serta 3T (testing, tracing, dan treatment), pemberian bantuan makanan bergizi bagi masyarakat terdampak pandemi covid-19 serta gebrak masker yang dilakukan sejak awal pandemi Covid-19 hingga saat ini.

“Apa yang telah dilakukan PKK adalah sebagai bentuk peran aktif dari PKK yang telah membagikan masker sebanyak 41.3 jt masker yang disebarkan ke seluruh Provinsi di Indonesia serta melakukan test swab dan rapid test secara gratis kepada masyarakat,” katanya melanjut sambutan Ketua TP PKK Pusat.

Kahiyang juga mengimbau kepada seluruh pengurus TP PKK yang ada di setiap daerah untuk berkomitmen dan berdedikasi untuk memajukan PKK siapapun yang menjadi ketua di wilayah masing-masing. Serta mengharapkan dukungan dari Kepala Daerah sebagai ketua pembina PKK di wilayah masing-masing.

Dia juga menyebutkan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK memiliki arti penting dan strategis dalam mengimplementasikan 10 program pokok PKK yang di kelolah dari oleh dan untuk masyarakat serta dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa dengan tujuan mewujudkan masyarakat yang berdaya dan sejahtera.

Sementara Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman berharap kehadiran TP PKK Kota Medan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat kota Medan. Artinya PKK Kota Medan harus mampu merangkul seluruh masyarakat khususnya para pelaku UMKM yang ada di Kota Medan.

Pemko Medan memiliki program membangun satu sentra ekonomi kreatif di tiap-tiap Kelurahan yang ada di kota Medan. Tujuanya agar produk-produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM ini dapat terserap dengan baik.

Sebab itulah Aulia ingin agar seluruh pengurus PKK dapat menginformasikan dan mengedukasi masyarakat mengenai program Pemko Medan tersebut.

“PKK harus menyampaikan program ini kepada masyarakat, sudah saatnya kita merangkul semua pelaku UMKM kita, membantu mereka agar dapat berkembang dengan menyerap produk-produk yang mereka buat,” kata Aulia.

Dalam kesempatan ini juga diserahkan piala kepada para pemenang lomba HKG PKK ke 49 Kota Medan Tahun 2021 oleh Ketua TP PKK Kota Medan, kemudian dilanjutkan dengan pemberian makanan tambahan kepada anak-anak PAUD dan penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA), setelah itu dilanjutkan dengan peninjauan UMKM.

Sebelumnya Wakil Ketua II TP PKK Kota Medan, Ny. Ismiralda Wiriya Alrahman dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ini yaitu untuk memasyarakatkan gerakan PKK sebagai gerakan yang dikelolah dengan prinsip dari masyarakat dan oleh masyarakat.

OM-zan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button