OkeGlobal

Lagi Ulama Wafat, Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf Telah Tiada

JAKARTA | Okemedan. Lagi umat Islam kehilangan ulama terbaiknya. Hanya berselang sehari berpulangnya pendakwah Syekh Ali Jabber, 46,  kemarin, Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf meninggal dunia, Jumat (15/1). Ali bin Abdurrahman Assegaf diketaui adalah guru Habib Rizieq Shihab (HRS).

Kabar wafatnya Ali ini disampaikan ustaz Yusuf Mansur melalui akun Instagram @yusufmansurnew.

“Yaa Allah Yaa Rabb … Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf, wafat. Innaa lilaah …” dikutip dari akun Yusuf Mansur.

Kabar tersebut juga dibenarkan Ketua PBNU Robikin Emhas. Ia menyebut Habib Ali meninggal pukul 15.30 WIB sore di RS Holistik Purwakarta.

“Mohon doa dan pembacaan surat Fatihah,” ucap Robikin melalui pesan singkat.

Belum ada informasi lebih lanjut terkait penyebab Habib Ali meninggal.

Nama Habib Ali ramai dikaitkan dengan sosok Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab dalam rencana kepulangannya ke Indonesia pada 10 November tahun lalu.

Habib Ali, kata Rizieq, merupakan orang pertama yang ditemui Rizieq usai kembali ke Indonesia. Hubungan Habib Ali dengan Rizieq disebut tak hanya hubungan antara guru dan murid. Sebagai salah satu ulama yang dituakan, dia menyebut, sang ayah telah menjadi guru Rizieq bahkan sejak sebelum mendirikan FPI.

Keduanya terakhir bertemu pada 2018 saat Habib Ali beserta rombongan menjalankan ibadah umrah. Alwi mengingat, Rizieq kala itu sengaja menyambangi hotel yang ditempati Habib Ali untuk sekadar sowan.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, jenazah Ali tiba di rumah duka pada Jumat malam, sekitar pukul 20.00 WIB. Iringan mobil ambulans disambut dengan lantunan tahlil oleh pelayat.

Kepolisian setempat menutup Jalan Tebet Raya menuju ke arah Stasiun Tebet seiring dengan kepadatan kendaraan di wilayah tersebut.

Berdasarkan informasi yang CNNIndonesia.com dapatkan dari WakilSekjend Persaudaraan Alumni 212 Novel Bamukmin, jenazah almarhum akan disemayamkan pada Sabtu (16/1) setelah waktu Dzuhur di sebelah makam HabibMunzir AlMusawa,Kalibata.

Sementara itu, beredar video putera Ali, Ahmad Assegaf, meminta masyarakat agar tidak ikut serta ke acara pemakaman dan mendoakan dari rumah masing-masing karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

“Kita harus mematuhi peraturan pemerintah,” kata Ahmad.

Ali bin Abdurrahman diketahui sebagai salah satu guru Rizieq Shihab. Ia merupakan orang yang pertama Rizieq temui sepulang dari Mekkah 10 November 2020 lalu.

Dalam salah satu video yang beredar, tampak Ali dikunjungi Rizieq Shihab di kediamannya. Ia mengenang pertemuan terakhirnya dengan Rizieq sebelum tinggal di Makkah selama 3,5 tahun. Setelah menceritakan pertemuan tersebut, Ali diam sejenak dan menangis.

“Tidak ada perjuangan tanpa pengorbanan. Baru diusir tiga tahun setengah. Kecil itu,” kata Ali.

Rizieq mengunjungi kediaman Ali sebelum acara pernikahan putrinya di Petamburan. Saat itu, Ali mengaku kakinya sedang sakit.

Ali juga dikenal sebagai mubalig yang telah berdakwah di Jakarta selama berpuluh tahun. Ia mengasuh Majelis Ta’lim wal Mudzakarah Al-Afaf, Jalan Tebet Utara, Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan.

Meskipun dikenal dekat dengan Rizieq Shihab, sosok yang kerap mengkritik kalangan Nahdlatul Ulama dan berseberangan dalam jalan politik, Ali juga dihormati oleh kelompok NU.

Ali bahkan pernah satu forum dengan Wiranto ketika ia masih menjabat Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan HAM dalam acara peringatan Hari Santri Nasional yang digelar oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), 21 Oktober 2016 silam.

“Almarhum bersahabat baik dengan semua kalangan dan orang dengan lintas Ormas,” demikian pernyataan NU sebagaimana dikutip darinu.or.id.

CNNIndonesia.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button