OkeGlobal

Masih Pandemi, Wisuda STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi Patuhi Protokol Kesehatan

TEBING TINGGI |okemedan. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Hikmah Tebing Tinggi menggelar Sidang Senat Terbuka, dalam rangka Upacara Wisuda Program Sarjana ke XV Tahun Akademik 2020/2021 di Gedung Balai Kartini Tebing Tinggi, Rabu (16/12/2020).

Berbeda dengan wisuda sebelumnya, wisuda kali ini diadakan secara langsung dengan memperhatikan protokol kesehatan (Prokes), dan disiarkan langsung melalui aplikasi telekonferensi Zoom dan media sosial Facebook.

Tercatat sebanyak 115 wisudawan dan wisudawati dilantik Ketua Senat Perguruan Tinggi Islam Al-Hikmah Drs. H. Zainuddin Siregar, S.H, S.E, M.M. Diantaranya 26 lulusan sarjana Pendidikan Agama Islam (PAI) dan 89 lulusan sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

Sebelum memasuki ruangan wisuda, para tamu dan lulusan wajib mematuhi protokol kesehatan, dengan adanya pengukuran suhu, menggunakan masker dan atau face shield serta mencuci tangan atau menggunakan sanitasi tangan.

Acara dibawakan Yosi Pratiwi Tanjung, M.Si bersama Sopian Lubis, M.A dan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan Mengheningkan Cipta oleh paduan suara STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi.

Pembacaan ayat suci Al-Qur’an dikumandangkan oleh mahasiswa PAI STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi, Doni Prayoga. Dan dilanjutkan dengan tari persembahan yang ditampilkan oleh, kelompok tari mahasiswa PGMI STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi.

“Kami ucapkan selamat kepada para wisudawan-wisudawati atas keberhasilannya menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi Islam Al-Hikmah. Wisuda tunggal kali kedua STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi di tengah pandemi Covid-19, sangat baik dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Mohon doanya untuk STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi yang sedang mengepakkan sayapnya, untuk menjadi Institut Agama Islam Swasta sehingga nanti dapat menghasilkan sarjana-sarjana, yang lebih baik lagi ke depannya,” ucap Ketua Senat Perguruan Tinggi Islam Al-Hikmah Drs. H. Zainuddin Siregar, S.H, S.E, M.M dalam kata sambutannya.

Pada kesempatan wisuda kali ini, orasi ilmiah disampaikan oleh Kepala Subdirektorat Sarana, Prasarana dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Ruchman Basori, M.Ag. Beliau mengungkapkan pentingnya menjadi sarjana yang unggul dan kompetitif.

“Wisudawan harus bangga menjadi lulusan dari PTKI dengan ilmu keIslaman yang matang, dan dipadu dengan ilmu pendidikan. Jadilah duta moderasi beragama yang senantiasa menebarkan Islam yang rahmatan lil’alamin. Berusahalah menjadi seorang intelektual yang membumi bukan yang berada di menara gading. STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi telah menempa Saudara dengan ilmu sebagai bekal menajamkan peran sosial-kemasyarakatan,” pesan Ruchman dalam orasi ilmiahnya.

Ketua Perguruan Tinggi Islam Al-Hikmah, Ir. H. Mara Pinta Harahap, MM., M.AP mengucapkan selamat atas terselenggaranya wisuda tunggal STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi yang kali kedua dilaksanakan di Tebing Tinggi.

“Selamat kepada para wisudawan yang secara resmi menyandang gelar S.Pd, menjadi bagian dari alumni STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi, dan terima kasih kepada para tamu undangan yang telah hadir, Bapak Walikota Tebing Tinggi, Bapak Kapolres Tebing Tinggi, Bapak Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan Kemenag, Rektor UIN-SU, GP Ansor, dan yang lainnya tidak dapat saya sebutkan satu per satu. Ini kali kedua melaksanakan sidang wisuda di Tebing Tinggi dan pertama kalinya melaksanakan wisuda di tengah pandemi. Alhamdulillah berjalan lancar mengikuti prosedur dan semoga pandemi ini segera berakhir,” tutur Ketua STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi Ficki Padli Pardede, M.A.

Turut hadir pihak Kopertais Wilayah IX Sumatera Utara sekaligus rektor UIN Sumatera Utara Prof. Dr. Syahrin Harahap, M.A.

Beliau juga mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan berpesan untuk tetap belajar melanjutkan perjuangan. Sehingga diharapkan para lulusan memiliki integritas tinggi dan terhubung dengan Tuhan, mampu menerapkan ilmu bagi kesejahteraan manusia dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

Selain itu, pada wisuda kali ini Walikota Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, M.M menyampaikan arahan dan bimbingannya. Dalam kesempatan ini walikota berharap wisudawan dan wisudawati STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi, dapat memberikan kontribusi untuk agama, bangsa, dan negara khususnya bidang pendidikan di kota Tebing Tinggi. Tak lupa bapak Walikota senantiasa mengarahkan untuk mematuhi protokol kesehatan dan jaga kesehatan.

Gelar wisudawan terbaik pada wisuda sarjana ke XV tahun 2020 ini diraih oleh Ade Pransiska Lestari, dari program studi PAI dan Nurmala Dewi Sari Sitopu dari program studi PGMI.

Selain Walikota Tebing Tinggi dan Rektor UIN-SU, dalam Upacara Wisuda Sarjana ini turut hadir tamu undangan dari Kapolres Kota Tebing Tinggi, STAI Al-Hikmah Medan, STAI Al-Hikmah Tanjung Balai, GP Ansor Sumatera Utara, dan para dosen STIT Al-Hikmah Kota Tebing Tinggi.
OM-vh/red

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button