Okedukasi

Hadiri Wisuda UNUSU, Wagub Tekankan Wisudawan Jangan Berpikir Jadi Pegawai

MEDAN | okemedan. Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut), Musa Rajekshah menghadiri acara wisuda perdana program Diploma dan Sarjana Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (UNUSU), dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat yang digelar di Tiara Convention Center, Jalan Cut Mutia Medan, Selasa (15/12/2020).

Dalam kesempatan itu, Wagub memberikan nasehat kepada ratusan wisudawan. Dipesankannya, seluruh wisudawan setelah lulus sebaiknya tidak memikirkan bagaimana menjadi seorang pegawai, melainkan harus mampu menjadi entrepreneur yang mampu membuka lapangan pekerjaan.

“Kita harus berkreativitas dan berinovasi. Jangan hanya bercita-cita menjadi seorang pegawai. Harus mampu  menjadi entrepreneur agar mampu membuka banyak lapangan kerja untuk orang lain,” ujar pria yang akrab disapa Ijeck tersebut.

Wagub juga berpesan agar generasi pertama yang diwisuda tidak berhenti menimba ilmu.

“Bermasyarakatlah dengan ilmu yang ada, karena saat ini persaingan dalam kehidupan sangat ketat. Bangga dan haru rasanya melihat orangtua yang anaknya diwisuda hari ini. Tapi anak-anak ku sekalian, ingatlah, tanpa doa orangtua tidak akan ada kalian di sini,”ujarnya.

Selain itu, Wagub juga mengapresiasi perjuangan dan usaha yang telah dilakukan oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU)  Sumut yang telah berupaya untuk mendirikan Universitas.

“Saya mendengar tadi bagaimana perjuangan PWNU Sumut mendirikan Universitas ini dengan kebersamaan, dengan semangat ingin melahirkan generasi bangsa yang berkualitas. Lewat semangat dan usaha itu akhirnya lahir lah UNUSU,”ungkapnya.

Terakhir, Wagub pun mendoakan agar UNUSU ke depan semakin sukses dalam menjalankan tugas pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, serta dapat merealisasikan harapan  yang tinggi. Sehingga UNUSU dapat menjadi Universitas yang membanggakan, unggul dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Ketua Badan Pelaksana Penyelenggara (BPP) UNUSU, Ashari Tambunan mengatakan, berdirinya Universitas ini dilatarbelakangi keinginan yang kuat dari para ulama dan warga NU Sumut untuk memiliki lembaga pendidikan tinggi yang dapat melahirkan intelektual yang berwawasan kebangsaan dan menjiwai nilai-nilai ahlussunnah wal jamaah yang rahmatan lil ‘alamin.

“UNUSU berdiri pada tahun 2014 dan beraktivitas menerima mahasiswa baru pada tahun 2015. Dua hari ini adalah hari yang kita tunggu-tunggu, melakukan wisuda untuk pertama kalinya,”ujar Ashari yang juga merupakan Bupati Deli Serdang.

Berdirinya UNUSU, lanjut Ashari, sejalan dengan keputusan Muktamar Nahdlatul Ulama ke- 32 Tahun 2010 di Makasar dan mendapat dorongan dan dukungan yang kuat dari para pengurus besar NU.

OM-zan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button