Food

Kari Thai Massaman Terpilih Sebagai Hidangan Terbaik No. 1 di Dunia

MEDAN | okemedan.  Kari Thai Massaman menjadi hidangan terbaik no. 1 di dunia. The Tourism Authority of Thailand (TAT) dengan bangga mengumumkan bahwa CNN Travel telah menempatkan kari Thai Massaman sebagai hidangan No. 1 dalam daftar ‘50 Makanan Terbaik Dunia’, bersama dengan Tom Yum Kung di tempat kedelapan dan salad pepaya Som Tam, yang berada di peringkat 46.

Daftar ‘50 Makanan Terbaik Dunia’ tersebut diperbarui pada September 2020, berdasarkan artikel asli yang sebelumnya diterbitkan pada tahun 2011, kemudian diformat ulang, diperbarui, dan diterbitkan kembali pada tahun 2017, dan diperbarui sejak saat itu.

“Daftar ini adalah bukti reputasi masakan Thailand yang sudah kokoh dan semakin dianggap sebagai pengalaman kuliner kelas dunia. Thailand jelas merupakan tujuan wisata kuliner yang bagus. Setelah situasi COVID-19 membaik, kami sangat siap untuk menyambut wisatawan dan pecinta kuliner dari seluruh dunia untuk memulai perjalanan kuliner dan menjelajahi Thainess melalui hidangan Thailand di berbagai tujuan unik di seluruh negeri”, ucap Gubernur TAT, Mr. Yuthasak Supasorn, sebagaimana rilis TAT pekan lalu.

Seperti apa sebenarnya Kari Massaman?

Kari khas Thailand ini merupakan perpaduan yang sempurna antara rasa pedas, santan, manis dan gurih. Bahkan saus bungkus yang Anda beli dari supermarket dapat membuat juru masak amatir tampak berpotensi untuk mendapatkan Michelin.

Adapun Tom Yum Kung adalah makanan yang  dipenuhi dengan udang, jamur, tomat, serai, lengkuas, dan daun jeruk purut.

Tom Yum Kung. foto: TAT

Sarat dengan santan dan krim, sup hangat ini menyatukan sejumlah selera favorit Thailand: asam, asin, pedas, dan manis. Yang terbaik dari semuanya adalah harganya: murah dan gamang ditemukan di tempat tempat kuliner di seantero Thailand.

Bagaimana halnya Som Tam Papaya? Ini juga makanan keseharian warga Thailand yang mudah ditemukan dimana saja di negeri Gajah Putih tersebut. Mulai dari pedagang kecil hingga restoran mewah.

Som Tam Papaya. foto: TAT

Untuk membuat Som Tam Papaya, tumbuk bawang putih dan cabai dengan lesung dan alu. Masukkan air asam jawa, kecap ikan, kacang tanah, udang kering, tomat, air jeruk nipis, pasta tebu, buncis, dan segenggam pepaya hijau parut. Kemudian ambil nasi ketan. Variasi lain dari hidangan ini adalah som tam pu (dengan kepiting) dan som tam pla ra (saus ikan yang difermentasi).

OM – diur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button