Okedukasi

LLDikti Apresiasi Program Ekowisata Pertanian UISU

Rangkaian Peringatan Milad UISU ke-56

MEDAN I okemedan. Kepala LLdikti Wilayah 1 Sumut, Prof Dr Ibnu Hajar MSi mengapresiasi program ekowisata Fakultas Pertanian UISU yang ditampilkan pada saat peringatan Milad Fakultas Pertanian UISU ke-56 di Kampus Fakultas Pertanian UISU Jalan Karya Wisata Johor Medan, Sabtu (14/11/2020).

Prof Dr Ibnu Hajar didampingi Rektor UISU, Dr H Yanhar Jamaluddin MAP, Dekan Fakultas Pertanian Dr Ir Murni Sari Rahayu MP melihat langsung lokasi ekowisata yang ada di areal kampus.

Berbagai macam produk budidaya pertanian dapat dilihat di lokasi ekowisata. Mulai dari labu madu, timun, sawi, cabe merah, padi, hingga peternakan ikan nila dikembangkan fakultas pertanian UISU untuk mensukseskan program ekowisata.


Kepala LLdikti Wilayah 1 Sumut, Prof Dr Ibnu Hajar MSi bersama Dekan Fakultas Pertanian UISU Dr. Ir. Murni Sari Rahayu, MP tengah memperliatkan labu madu salah satu produk ekowisata Fakultas Pertanian UISU, Sabtu (14/11/2020).

Kepala LLDIkti Prof Dr Ibnu Hajar MSi dalam sambutannya mengatakan bahwa program yang dilakukan fakulas pertanian UISU sesuai dengan konsep Pendidikan yang melibatkan tri mitra.

“Saya disini sebagai perwakilan pemerintah, kampus dan alumni yang merupakan bagian dari masyarakat,” katanya.

Turut memberikan kata sambutan dalam kegiatan itu, Dekan Fakultas Pertanian UISU, Dr Ir Murni Sari Rahayu MP, Prof Dr Ir Mhd Assad MSi mewakili Pengurus Yayasan UISU, mewakili Dosen Prof Dr Ir Basyaruddin MS, Rektor UISU Dr H Yanhar Jamaluddin MAP.

Hadir juga dalam kegiatan Milad itu alumni Fakultas Pertanian UISU diantaranya Ir Indra Gunawan MP yang juga Sekretarus Umum Pengurus Yayasan UISU, Direktur Utama PT PSU Ir Gazali Arief Marpaung, Pimpinan PT Daun Agro Nusantara Hadi Nainggolan serta seluruh seluruh pimpinan Fakultas Pertanian UISU, Dosen dan pegawai serta mahasiswa Fakultas Pertanian UISU.

Sementara itu, Rektor UISU, Dr H Yanhar Jamaluddin MAP mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bukti eksistensi Fakultas Pertanian UISU yang mempu menampilkan budidaya pertanian sekaligus memperlihatkan produk dan kreatifitas mahasiswa serta memperkenalkan program ekowisata.

Konsep ini, kata Rektor UISU dapat menjadi sarana edukasi untuk masyarakat serta sarana pembelajaran kepada mahasiswa sekaligus promosi institusi kepada masyarakat.

“Ini juga membuktikan bahwa mahasiswa Fakultas Pertanian UISU ternyata mampu menunjukkan kreatifitasnya,” katanya.

Kepada fakultas Pertanian UISU, Rektor berharap agar konsep ekowisata dapat lebih disempurnakan lagi agar menjadi media penghubung UISU dengan masyarakat.

“Harus ditentukan jadwalnya, kapan penanaman, kapan panen sehingga masyarakat mengetahui jadwal yang pasti kapan berkunjung dan memetik sendiri hasil bidaya pertanian yang ada di lokasi ekowisata Pertanian UISU,” katanya.

Selain itu, pihak berharap, Fakultas Pertanian UISU dapat memperkuat kerjasama dengan stakeholder khususnya PT. Perkebunan Sumatera Utara.

“Ini penting dalam mewujudkan konsep kampus merdeka dan merdeka belajar di Fakultas Pertanian UISU. Kita ingin menerapkan formasi 1,2,4 yakni 1 semester di kelas, 2 semester di lapangan atau laboratorium dan 4 semester di luar. Sehingga alumni Fakultas Pertanian akan menjadi SDM yang siap pakai,” tegasnya.

Sementara itu, Dekan FP UISU Dr Ir Murni Sari Rahayu MP mengatakan bahwa program ekowisata ini akan menjadi salah satu unit bisnis fakultas pertanian UISU.

“Kami membuka ekowisata dengan berbagai macam produk seperti sayuran, ikan dan produk urban farming,” katanya.

Sekarang ini, jelasnya, program ekowisata memang hanya untuk masyarakat sekitar. Namun, kedepan kita akan menyusun jadwal dan menyesuaikan masa panen serta mempromosikan keberadaan ekowisata Fakultas Pertanian ke masyarakat luas.

Pihaknya berharap, peringatan Milad ke-56 Fakulas Pertanian UISU ini menjadi moment bersejarah untuk menunjukkan eksistensi Fakultas pertanian UISU di tengah-tengah masyarakat.

“In shaa Allah, kehadiran dan keikutsertaan alumni, mahasiswa dan stakeholder hari ini akan mengembalikan kejayaan fakultas pertanian UISU,” tegasnya.

OM-zan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button