Madina

PISEW Mudahkan Akses Menuju Sentra Produksi di Kecamatan Hutabargot

PANYABUNGAN | okemedan. Pemerintah melalui Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran untuk program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

Salah satu penerima program PISEW tahun 2020 adalah Desa Simalagi Kecamatan Hutabargot. PISEW ini berupa program pembangunan jalan rabat beton yang membantu memudahkan akses menuju sentra produksi perkebunan di wilayah itu.

Hafiz (56), tokoh masyarakat Hutabargot kepada wartawan, Jum’at (13/11/2020) mengatakan program PISEW ini sangat membantu masyarakat, karena program tersebut memudahkan akses ke wilayah pertanian dan perkebunan masyarakat setempat. Ada beberapa desa penerima manfaat dari program PISEW ini, yaitu Desa Sayur Maincat, Binanga, dan Desa Bangun Sejati, sedangkan desa penyangga yaitu Desa Hutabargot Nauli.

“Pembangunan jalan rabat beton dari program PISEW ini menembus akses jalan menuju ke areal pertanian masyarakat, pengerjaannya sedang berlangsung dan sudah hampir rampung. Selama ini akses jalan hanya dari tanah, itu pun sudah hancur, beruntunglah ada program PISEW ini sehingga ekonomi masyarakat dapat terbantu. Sebelumnya warga kesulitan menuju areal pertanian, tapi setelah jalan ini dibangun warga sudah terbantu. Kendaraan roda dua dan roda empat sudah bisa masuk kemari,” kata Hafiz.

Hafiz meminta semua pihak agar melihat sisi manfaat program tersebut dalam upaya menumbuhkan ekonomi masyarakat. Sebab, belakangan ini ada oknum yang menggiring opini miring soal program tersebut.

“Kami meminta semua pihak supaya tidak menggiring bantuan pemerintah ini kepada hal-hal miring yang sifatnya merugikan masyarakat, kami masih ingin program ini berlanjut untuk tahun berikutnya supaya masyarakat makin terbantu,” harapnya.

Iman Harahap, fasilitator masyarakat (FM) untuk PISEW mengatakan tujuan program dari pemerintah pusat PUPR bertujuan mengentaskan kemiskinan masyarakat di pedesaan, berdaya mampu mengelola sumber daya lokal yang gunanya meningkatkan perekonomian keluarga.

“Lewat PISEW di desa inti Simalagi, menghubungkan ke desa tetangga, akan membantu perekonomian masyarakat utamanya jalan sentra produksi,” ujarnya.

Iman menambahkan ada beberapa desa di Madina menerima PISEW kementrian PUPR sumber dana APBN.

“Tahun ini Kecamatan Hutabargot salah satu penerima program PISEW dan pembangunannya sedang berjalan,” jelasnya.

Camat Hutabargot Indra Gunawan kepada wartawan mengatakan program PISEW ini akan mewujudkan Kecamatan Hutabargot sebagai wisata buah menuju peningkatan ekonomi masyarakat

“Dengan adanya jalan ini kita targetkan akan ada sentra kebun buah-buahan, sehingga tercipta lapangan kerja baru, ekonomi keluarga akan meningkat. Jadi kita berharap untuk tahun berikutnya Kecamatan Hutabargot tetap menjadi prioritas,” harapnya.

OMD-m1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button